background img

WARGA MISKIN BALIKPAPAN MENINGKAT

2 weeks ago written by
PicsArt_12-05-06.31.13

Balikpapan – Warga miskin atau berstatus kurang mampu di Kota Balikpapan mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan Abdul Aziz kepada KPFM, Selasa (5/12).

Menurut Aziz, warga miskin di Kota Beriman meningkat 10 persen dari jumlah warga miskin di tahun 2017. Peningkatan itu mengacu pada hasil pendataan kembali warga miskin kota melalui Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM), baru-baru ini.

“Hasil perhitungan MPMnya sudah keluar. Warga miskin mengalami peningkatan 10 persen dari data tahun 2017 yang berjumlah 9.563 orang. Hasil pendataan ini akan digunakan pada tahun 2018. Jadi jumlah hasil pendataan melalui MPM ini yang akan digunakan atau menjadi acuan jika ada program sosial, seperti pembagian program beras sejahtera,” jelasnya.

Aziz menyebutkan, peningkatan itu secara umum disebabkan oleh kondisi ekonomi Kaltim yang sempat merosot, beberapa waktu lalu.
Untuk selanjutnya, data tersebut akan diserahkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Jakarta. “Kami sudah validasi. Tinggal dimasukkan pada sistem online. Selanjutnya diserahkan ke TNP2K,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Dinsos Kota Balikpapan melakukan pendataan ulang terhadap jumlah warga miskin alias kurang mampu di Kota Balikpapan melalui program MPM. Semula, pendataan tersebut ditargetkan rampung bulan Oktober 2017 lalu. Namun karena terkendala beberapa hal, program tersebut baru terselesaikan bulan November 2017. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title