background img

URUS PAJAK GRATIS, HINDARI CALO

5 hari ago written by
URUS PAJAK GRATIS, HINDARI CALO (3)

KPFM BALIKPAPAN – Account Representative atau AR memiliki peranan penting dalam dunia perpajakan. AR tentu tak asing bagi Wajib Pajak (WP) pribadi atau badan. Bila WP mengalami kesulitan, maka disarankan untuk bisa berkonsultasi dengan AR.

Tentang AR ini dikupas dalam segmen Bincang Pajak program Karir dan Keluarga (KK) radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, edisi siar Rabu (12/6). Talkshow dipandu Jessica Vathur.

Hadir sebagai narasumber tiga AR dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Balikpapan Barat, masing-masing AR Seksi Pengawasan dan Konsultasi I Ana Rahmawati, AR Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV Adi Lesmana, dan AR Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Anggi Restiana Dewi.

Menurut Adi Lesmana, AR memang berperan penting dalam perpajakan. Namun komposisi perbandingan antara AR dan WP di KPP Pratama Balikpapan Barat saat ini belum masuk pada kategori ideal.

Dikatakannya, pada KPP Pratama Balikpapan Barat di Sudirman Office Park, jalan Jenderal Sudirman No. 889 Gunung Bahagia, satu orang AR menghendel 4 ribu hingga 8 ribu WP.

AR ini terdiri dari Account Representative yang menjalankan fungsi pelayanan dan konsultasi WP, dan Account Representative yang menjalankan fungsi pengawasan serta penggalian potensi WP.

Dijelaskan, AR yang menjalankan fungsi pelayanan dan konsultasi WP mempunyai tugas, di antaranya melakukan proses penyelesaian permohonan WP, melakukan proses penyelesaian usulan pembetulan ketetapan pajak dan melakukan bimbingan serta konsultasi teknis perpajakan kepada WP.

“Sedangkan Account Representative yang menjalankan fungsi pengawasan dan penggalian potensi Wajib Pajak mempunyai tugas, di antaranya melakukan pengawasan kepatuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak dan menyusun profil Wajib Pajak,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, lanjut Adi, AR bertanggung jawab kepada Kepala Seksi yang menjadi atasannya. “Untuk dapat diangkat menjadi AR pegawai harus memenuhi persyaratan, di antaranya pangkat paling rendah pada saat diusulkan adalah Golongan IIC,” katanya.

Dari ketiga AR yang hadir di studio, Anggi hanya butuh waktu tiga tahun masa kerja di bidang ini. Sedangkan Adi dan Ana memerlukan waktu 9 tahun untuk berada pada posisi AR. Mereka kompak mengatakan, harus mau terus belajar, karena dunia perpajakan bersifat dinamis.

“Saat WP merasa kebingungan atau kesulitan, silahkan datang ke KPP Pratama Balikpapan Barat untuk berkonsultasi, atau bisa juga telefon terlebih dahulu untuk membuat janji di 0542-8211945,” tambah Anggi.

“Dan jangan menggunakan calo, karena semua layanan perpajakan itu gratis,” ujar Ana menambahkan. Sedangkan menurut Adi, jangan takut bila WP mendapatkan “surat cinta” dari kantor pajak. “Karena bisa jadi itu adalah surat konfirmasi untuk WP,” imbuhnya. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *