background img

UNIBA GANDENG UNIVERSITAS LUAR NEGERI

2 minggu ago written by
UNIBA GANDENG UNIVERSITAS LUAR NEGERI

KPFM BALIKPAPAN – Universitas Balikpapan (Uniba) di jalan Pupuk Raya, Gunung Bahagia, Balikpapan memiliki tujuh fakultas dan 12 bidang studi. Yang menjadi favorit adalah Fakultas Vokasi D-IV K3, Hukum dan Teknik.

“Mahasiswa semester empat jurusan K3 ini rata-rata sudah mendapat tawaran pekerjaan. Dan saat ini Akreditasi B sudah dimiliki oleh Uniba,” ujar Rektor Uniba Dr Piatur Pangaribuan AMd SH MH, saat talkshow di program Karir dan Keluarga (KK) radio KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Kamis (10/4).

Menurutnya, kemajuan Uniba di bidang pendidikan ini

tidak lepas dari SDM yang mumpuni, serta rasio antara dosen sebagai pengajar dan jumlah mahasiswa. Saat ini untuk rasio ilmu eksakta di Uniba adalah 1:30. Sedangkan untuk ilmu sosial 1:40.

“Untuk meningkatkan kualitas yang baik, Uniba juga menerapkan seleksi untuk mahasiswa baru. Setiap tahunnya ada sekitar 1.500 mahasiswa baru,” ujar Piatur.

Kelebihan yang ditawarkan Uniba, lanjutnya, adalah memiliki kelas pagi untuk mahasiswa yang belum bekerja, dan kelas malam untuk para pekerja, di samping lokasi yang strategis.

Dikatakan, saat ini pihak Uniba sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dari beberapa negara, di antaranya Malaysia, Singapura, Belanda dan Thailand. Piatur menyebut, saat ini tercatat ada 8 ribu mahasiswa yang menimba ilmu di Uniba. Beberapa fasilitas penunjang untuk kegiatan belajar juga terus ditingkatkan. Prestasi yang ditorehkan Uniba juga tidak sedikit, ini juga yang menjadi daya tarik. Universitas ini sudah ada sejak tahun 1981. Informasi lebih lengkap, bisa mengunjungi website http://uniba-bpn.ac.id/home/.

Piatur berharap ke depannya tidak hanya PTN (Perguruan Tinggi Negeri) saja yang mendapatkan perhatian, namun PT swasta yang jumlahnya jauh lebih banyak juga bisa mendapatkan porsi, walaupun nantinya komposisi tidak harus sama dengan PTN.

“Kampus itu bukanlah penentu. Penentu sebenarnya adalah diri sendiri,” ujar Piatur yang juga Calon Anggota DPD-RI Dapil Kaltim. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *