background img

TREN NEGATIF PERSIBA BERLANJUT

2 bulan ago written by
TREN NEGATIF PERSIBA BERLANJUT (3)

KPFM BALIKPAPAN – Tren negatif tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan Persiba berlanjut. Menghadapi tuan rumah PSIM Yogyakarta pada laga lanjutan pekan ke-12 kompetisi sepak bola Liga 2 tahun 2019 di Stadion Mandala Krida, Kamis (22/8) sore, Beruang Madu menelan kekalahan dengan skor tipis 1-2.

Menanggapi hasil ini, coach Jarot Supriadi mewakili Satia Bagdja dalam rekaman pers yang diterima KPFM mengatakan, Persiba kalah karena kurang beruntung. Sejumlah peluang, khususnya pada babak kedua masih belum bisa dikonversi menjadi gol. Termasuk peluang emas Ismail Haris pada pengujung babak dua yang hanya membentur tiang.

“Babak kedua Persiba bermain lebih bagus dan kuasai permainan. Tapi itulah dalam sepak bola selalu ada faktor keberuntungan,” kata Jarot dalam rekaman yang diterima KPFM, Kamis malam sekira pukul 19.00 Wita.

Pada rekaman yang berdurasi sekitar tiga menit itu, Jarot juga menyebut jika skema yang diinstruksikan mampu diterapkan dengan baik oleh pemain Persiba. Kombinasi permainan, kata Jarot juga sudah berjalan baik. “Sudah berjalan sesuai instruksi,” sebutnya.

Meski begitu, Jarot tak menampik rentetan hasil tanpa kemenangan membuat psikologis pemain agak tertekan. “Tekanan tentu saja ada, tapi saya lihat hari ini mereka bisa bermain lepas,” ujarnya.

PROSES BERJALANNYA LAGA

Dari pantauan KPFM lewat live Instragram @tawonfc.bpn, pada laga ini mayoritas susunan pemain yang dipasang Satia Bagja merupakan sosok inti di skuat Persiba. Dalam skema 4-4-2, Andre Putra, Taufiq Kasrun, Imam Mahmudi, Anis Mujiono, mengisi lini belakang.

Kemudian S. Bungaran, Andre Dio, Yusuf Effendi dan Beni Oktavianto, mengisi lini tengah. Sementara untuk lini depan dipasang Ismail Harris dan pemain yang baru direkrut pada putaran kedua yakni, Indra Setiawan.

Kendati turun arena dengan dominasi pemain kunci, permainan Persiba tak berkembang di babak pertama. Sebaliknya, tuan rumah yang langsung menurunkan hampir semua pemain barunya bermain lebih efektif.

Terbukti mereka mampu melepas beberapa percobaan yang semuanya mengarah ke gawang Persiba yang kdijaga ketat oleh Ferdiansyah. Berkat efektivitas itu pula, gol pertama mereka lahir di menit ke-4 lewat pemain tengah Saldy.

Pada 15 menit berselang, Ferdiansyah kembali harus memungut bola dari gawangnya sendiri usai Syaiful Indra menyarangkan gol kedua PSIM Yogyakarta.

Tertinggal dua gol, Persiba Balikpapan mulai berani menyerang untuk memperkecil ketertinggalan. Hasilnya, anak asuh Satia Bagja mampu mencetak gol melalui sang kapten Taufiq Kasrun pada menit ke-28. Gol ini sekaligus menutup paruh pertama laga dengan skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada paruh kedua, Persiba tampil menekan dan langsung menggempur pertahanan tuan rumah. Sayang upaya itu tidak cukup berhasil, Taufiq Kasrun dan kawan-kawan tetap saja kesulitan menembus pertahanan PSIM.

Sebaliknya, PSIM juga tidak mengendurkan serangan di paruh kedua. Sang arsitek Aji Santoso tetap menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain menekan. Meski tetap tampil menyerang, namun PSIM tak mampu menambah gol di babak kedua. Hingga laga usai, Laskar Mataram julukan PSIM tetap unggul 2-1 atas Persiba Balikpapan.

Dengan hasil ini, Persiba Balikpapan memperpanjang tren negatifnya di liga 2 tahun 2019 ini. Ya, dalam lima laga terakhir, Beruang Madu belum juga meraih kemenangan. Diawali saat lawatannya ke markas PSBS Biak 27 Juli lalu, Beruang Madu harus mengakui keunghulan tuan rumah dengan skor 2-1.

Kemudian berlanjut saat ditahan imbang 1-1 dari tuan rumah Martapura FC pada 3 Agustus 2019 lalu dan tumbang 1-0 dari tuan rumah Madura FC pada laga pekan ke-10 di Stadion Ahmad Yani, Sumenep, 8 Agustus lalu.

Persiba sejatinya punya kesempatan memutus rantai nihil poin saat menjamu Mitra Kukar pada 15 Agustus 2019 di Stadion Batakan, Manggar, Balikpapan Timur. Bertanding di kandang sendiri, Persiba sempat unggul lewat gol cepat. Sayangnya, pertandingan ini justru berakhir dengan hasil imbang setelah babak kedua tim tamu menjebol gawang Persiba.(FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *