background img

TERCEMAR, DAS AMPAL BERUBAH WARNA

3 minggu ago written by
TERCEMAR, DAS AMPAL BERUBAH WARNA (3)

Foto : Kondisi air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal, tepatnya disamping hotel Zurich jalan jendral Sudirman, Balikpapan kota.

KPFM BALIKPAPAN – Warna Air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal, tepatnya di samping hotel Zurich jalan jendral Sudirman, Balikpapan kota, berubah menjadi kehitaman, Selasa (1/10).

Perubahan warna air yang mengejutkan warga itu diduga karena tercemar limbah rumah tangga. Warga pun khawatir, bila cairan itu bisa membahayakan lingkungan dan jiwa.

Salah seorang warga, Rudi menyebut, perubahan warna air yang menjadi kehitaman ini sejak pukul 05.00 Wita. Namun, ia tak mengetahui dari mana sumber cairan itu. Kandungan pasti cairan, juga tak diketahuinya.

“Sejak pagi tadi sekitar pukul 05.00 Wita sudah ada itu. Enggak tahu apa itu. Warna hitam pekat,” ujar Rudi saat ditemui di lokasi.

Kejadian ini pun langsung direspon oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan. Usai, mendapat laporan, petugas langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan pengambilan sampel.

Dari hasil pengecekan sementara, limbah domestik atau limbah rumah tangga menjadi penyebab perubahan warna air yang menjadi kehitaman tersebut. Belum ditemukan unsur minyak pada air.

“Tidak ditemukan unsur minyaknya. Hanya limbah rumah tangga,” kata Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Balikpapan, Suwito.

Ditanya soal efek dari limbah tersebut, Suwito menegaskan jika tidak ada dampak berbahaya dari limbah rumah tangga itu. Karena batasannya masih dinilai tidak besar, sehingga dianggap tidak terlalu membahayakan.

“Ini limbahnya biasa saja, cuma reguler. Tidak besar. Masyarakat tidak perlu khawatir. Jadi tidak membahayakan,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *