background img

TELUR DAN DAGING AYAM NAIK 15 PERSEN

6 hari ago written by
TELUR DAN DAGING AYAM NAIK 15 PERSEN

KPFM BALIKPAPAN – Menjelang Ramadhan harga telur dan daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Balikpapan, mulai merangkak naik. Untuk harga daging ayam sudah menyentuh Rp 50 ribu per kilogram. Padahal biasanya di kisaran Rp 35 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga telur ayam berukuran besar biasanya satu rak dengan isi 30 butir hanya Rp 48 ribu, kini mencapai Rp 56 ribu. Kenaikkan harga dua komoditas tersebut diakui oleh Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan, M Saufan saat diwawancarai KPFM, Selasa (15/5).

Dikatakannya, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan sebelumnya telah melakukan sidak ke sejumlah tempat, seperti distributor sembako, Pasar Pandansari, agen LPG dan Gudang Bulog.

“Hasil sidak di Pasar Pandansari misalnya, kami menemukan beberapa komoditas yang harganya merangkak naik, terutama telur dan daging ayam. Kenaikannya antara 10 sampai 15 persen,” ungkapnya.

Ia menyebut, kenaikan harga ini merupakan suatu hal yang psikologis dari penjual karena melihat permintaan meningkat. Dan biasanya hanya terjadi pada saat awal Ramadhan, setelah itu normal kembali pada H+5 Lebaran.

“Kenaikan harga ini sudah biasa terjadi, nanti pasti kembali normal,”ujarnya.

Dari hasil sidak yang dilakukan, lanjut dia, juga diketahui kalau stok sembako untuk Ramadhan kali ini dipastikan aman.

“Masing-masing distributor¬† menyatakan stok sembako aman, kemudian stok LPG dan stok beras Bulog itu cukup hingga bulan Ramadhan,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title