background img

SUDAH ADA 7 BERKAS KASUS RPU

8 months ago written by
images

KPFM BALIKPAPAN – Penyidikan kasus korupsi Rumah Pemotongan Unggas (RPU) oleh Direktorat Reskrimsus Polda Kaltim terus bergulir. Hingga saat ini, sudah ada tujuh berkas perkara yang telah diserahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim.

Walaupun sebelumnya, berkas tersebut dikembalikan Kejati ke Direktorat Reskrimsus Polda Kaltim karena masih ada kekurangan. Setelah kekurangan dilengkapi oleh penyidik, berkas tersebut kembali dikirim ke Kejati. Dan sekarang tinggal menunggu status P21 terhadap berkas tersebut.

Kasus korupsi yang merugikan negara Rp11 miliar ini  diduga menyeret sejumlah nama anggota legislatif.

Menanggapi hal ini, dua ketua partai politik (parpol) pemegang kursi terbanyak di DPRD Kota Balikpapan angkat bicara. Yakni Ketua Partai Golkar Rahmad Masud dan Ketua PDI Perjuangan Thohari Aziz.

Tanggapan dari dua ketua parpol tersebut terkait langkah dan sikap keduanya jika ada di antara anggota atau kader partainya yang kini duduk di kursi dewan terlibat dan ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus ini.

“Kita tetap memakai asas praduga tak bersalah. Silahkan diproses hukum. Kami komitmen dengan partai kalau belum ada kejelasan hukum, belum ada ketetapan dalam proses hukum ya kami tidak bisa memberikan sanksi pada kader kami. Artinya harus ada ketetapan hukum alias divonis dulu. Karena dijadikan tersangka kan belum tentu bersalah. Nanti di pengadilan keputusannya,” jelas Rahmad.

Sementara Thohari Aziz mengatakan, dirinya akan mengikuti mekanisme hukum yang berlaku. “Saya selalu berdoa dalam setiap salat lima waktu agar tidak ada anggota saya yang terlibat. Kalau ada, kami ikuti mekanisme,” tuturnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *