background img

STADION BATAKAN MASIH BUTUH RP400 M

1 week ago written by
PicsArt_09-07-12.47.31

Balikpapan – Meskipun sudah dipergunakan untuk laga kandang Liga 1 Persiba Balikpapan melawan Persegres, 9 September lalu, pembangunan Stadion Batakan yang dimulai sejak 2010 ternyata masih jauh dari sempurna. Alih-alih diperkirakan selesai di akhir tahun ini, kekurangan yang menjadi PR pun masih membutuhkan anggaran ratusan miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan Tara Allorante mengatakan, masih banyak kekurangan Stadion Batakan untuk bisa dikatakan sempurna. Meskipun secara fisik sudah bisa digunakan bertanding. Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama anggota dewan di Gedung DPRD Balikpapan 12 September lalu membahas tentang progres yang sudah dicapai sampai saat ini.

“Ternyata masih banyak sekali kurangnya. Bahkan untuk merampungkan itu semua kami butuh dana sekitar Rp400 miliar dan itu tidak ada di anggaran Perubahan 2017. Jadi akan diusulkan pada 2018 nanti,” ujar Tara.

Dikatakannya, kekurangan yang belum terprogramkan di dalam kontrak multiyears tersebut di antaranya belum tersedianya kursi yang diperkirakan berjumlah 46 ribu, lift, eskalator dan area parkir yang belum rampung semuanya. “Yang akan kami prioritaskan adalah kursi dan parkir,” papar Tara.

Tara membenarkan, pengelolaan stadion senilai Rp1,2 triliun ini ke depannya belum ditentukan. Kelak, apakah tetap PU atau membentuk satu badan pengelola sendiri dengan pihak ketiga? Yang jelas, Tara dan timnya sudah menyiapkan pemikiran-pemikiran bagaimana selanjutnya nanti. Studi banding pun dilakukan dengan stadion yang ada di Indonesia, seperti Gelora Bung Karno Jakarta (GBK).

“Itu akan menjadi bahan masukan dan perbandingan. Mana kira-kira konsep pengelolaannya yang bagus seperti GBK. Jangan sampai stadionnya nanti tidak terurus, itu yang tidak kita inginkan. Masukan-masukan tersebut nantinya akan kami lanjutkan ke pimpinan sektoral,” imbuhnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title