background img

SOSIALISASI PPDB DIMULAI 24 JUNI

2 bulan ago written by
KUOTA SEKOLAH SWASTA FAVORIT TERISI (3)

KPFM BALIKPAPAN – Waktu pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 kian dekat. Sesuai jadwal aktivitas PPDB ini akan mulai berjalan pada 24 Juni nanti. Di mana pendaftaran awal dari program verifikasi dan validasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Muhaimin menyampaikan itu saat diwawancarai awak media, Rabu (12/6). Dikatakannya, sosialisasi PPDB tahun ini akan mulai dibuka pada 24 Juni untuk semua tingkat sekolah, baik SD, SMP hingga SMA/SMK.

“Pada tanggal 24 itu, pendaftaran PPDB akan dimulai dari program verifikasi dan validasi. Program yang dikhususkan untuk peserta didik dari luar kota, program paket atau kesetaraan dan jalur prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Program verifikasi dan validasi ini akan ditutup pada 28 Juni,” katanya.

Setelah ini, lanjut pria berkacamata itu, pendaftaran PPDB akan dilanjutkan untuk program zonasi atau bina lingkungan, gakin dan jalur perpindahan sekolah. Program ini akan mulai dibuka pada 1 sampai 5 Juli 2019.

“Untuk pengumuman PPDB pada tanggal 8 Juli, daftar ulang tanggal 10 sampai 12 Juli, tahun ajaran baru tanggal 15 Juli dan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) mulai tanggal 15 sampai 17 Juli 2019,” ujarnya.

Ditanya soal kesiapan Disdikbud menyambut PPDB tahun 2019 ini, Muhaimin menyebut jika pihaknya jauh lebih siap dibandingkan tahun 2018 lalu. Sejumlah permasalahan yang pernah terjadi diharapkan dapat diatasi pada tahun ini.

 “Insya Allah, tahun ini kita lebih siap, karena sudah dilakukan sejak awal tahun. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya satu bulan,” ujarnya.

Muhaimin pun memastikan pelaksanaan PPBD tahun 2019 ini akan berjalan dengan lancar. Untuk mendukung hal itu, Disdikbud gencar melakukan sosialisasi PPDB. Saat ini, kata Muhaimin, sosialisasi yang dilakukan dengan memberitakan PPDB di media-media.

“Kami juga melibatkan peran ketua RT dan Lurah dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat. Dengan melibatkan ketua RT dan Lurah diharapkan masyarakat mendapatkan informasi tentang sistem zonasi yang diterapkan. Sehingga orangtua dan anak didik juga dapat mempersiapkan lebih dini terkait sekolah yang akan dipilih sesuai zona tempat tinggal masing-masing,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *