background img

SOSIALISASI CAGUB, LEMBAGA PENYIARAN HARUS ADIL

2 weeks ago written by
logom kp PNG

Balikpapan – Jelang Pemilihan Gubernur Kaltim (Pilgub) 2018, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim segera mengeluarkan surat edaran tentang tata cara penyiaran sosialisasi maupun kampanye kepada seluruh lembaga penyiaran di wilayah Kaltim.

Surat edaran tersebut disampaikan agar setiap lembaga penyiaran selalu menjaga asas keadilan dan berimbang dalam setiap penyiaran, termasuk menyosialisasikan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kaltim.

“Dalam waktu dekat kami akan mengeluarkan surat edaran mengenai tata cara dalam menyosialisasikan atau mengiklankan pasangan cagub dan cawagub. Tentu, semua lembaga penyiaran harus memegang teguh asas adil dan berimbang,” kata Ketua KPID Kaltim Suarno saat dikonfirmasi KPFM, Senin (4/12).

Ada tiga hal yang menjadi penekanan dalam surat edaran yang rencananya akan dikeluarkan pertengahan Desember 2017 ini, di antaranya durasi penyiaran iklan, penempatan waktu tayang, dan besaran nilai iklan.

“Yang kami atur mengenai durasi. Jadi kalau ada dua calon yang beriklan salah satu lembaga penyiaran, maka lembaga penyiaran yang bersangkutan harus memberi durasi yang sama saat mengiklankan calon-calon yang ada. Tidak boleh beda-beda. Kemudian mengenai penempatan waktu tayang, tidak boleh berjauhan. Misalnya calon A tayang pukul 07.00 Wita, calon B harus tayang setelah jeda iklan A.

Kemudian mengenai nominal, kalau per spot harganya Rp100 ribu, maka itu berlaku untuk semua calon yang beriklan. Tidak boleh ada perbedaan,” jelas Suarno.

Dengan aturan seperti itu, lanjutnya, akan menutup superior bagi calon yang memiliki kekuatan modal atau uang lebih banyak dari calon lain. Sehingga tidak ada perbedaan antara calon yang memiliki dana kampanye atau sosialisasi kecil dengan yang memiliki dana besar.

“Itulah fungsinya kami, untuk menghadirkan keadilan dalam penyiaran. Dan surat edaran itu akan kami plenokan dalam pekan ini. Dan itu akan kami edarkan atau keluarkan secepatnya. Ya bulan-bulan ini,” tutup Suarno. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title