background img

SI JEMPOL DPMPT OPTIMISTIS CAPAI 20 MILIAR

3 bulan ago written by
IMG-20180213-WA0014

BALIKPAPAN KPFM – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan akhirnya mulai menjalankan sistem barunya Si Jempol (Sistem Jemput Bola Langsung), setelah diluncurkan pada 9 Februari 2018 lalu. Si Jempol ini digadang-gadang bisa mendorong DPMPT mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditetapkan pemerintah Kota Balikpapan.

Kepala DPMPT Kota Balikpapan Elvin Junaedi menyebutkan, mulai 13 Februari ini pihaknya sudah mulai menjalankan program Si Jempol. Dalam pelaksanaannya, petugas perizinan akan mendatangi lokasi perumahan, perniagaan atau usaha masyarakat. Hal ini akan memudahkan masyarakat atau investor dalam mengurus perizinan karena polanya bersifat jemput bola.

Adapun jenis-jenis perizinan Si Jempol meliputi IMB, SIUP dan TDP, TDUP, serta perizinan lainnya. Sesuai dengan motonya Datang Bawa Berkas, Pulang Bawa Izin, pelayanan perizinan Si Jempol akan selesai dalam waktu singkat.

“Jadi kami datang ke sana untuk membuka stan pelayanan izin usaha yang sudah dikoordinasikan dengan pengelola setempat. Selain perniagaan, kami juga melakukan ke pengelola perumahan, misal pengurusan IMB, sudah ada perubahan bentuk rumah tapi tidak merubah IMB. Nah kami ada di situ dengan memudahkan mereka,” ujarnya.

Elvin melanjutkan, dibuatnya inovasi ini untuk mempermudah pengurusan perizinan. Selain untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, juga sebagai cara untuk mencapai target retribusi yang ditetapkan pemerintah tahun 2018, yakni sebesar Rp20 miliar.

“Dengan beberapa program inovasi yang kami miliki, optimistis bisa mencapai target PAD Rp20 miliar. Target ini dua kali lipat dari target sebelumnya,” jelas Elvin.

Dia berharap, dengan berbagai program kemudahan pelayanan pengurusan perizinan di Kota Balikpapan, masyarakat dapat mengurus langsung tanpa harus melibatkan pihak ketiga.

“Masih banyak masyarakat yang melakukan pengurusan perizinan menggunakan pihak ketiga. Padahal kalau mereka mau mengurus sendiri itu jauh lebih mudah, dan cepat dengan catatan persyaratan sudah lengkap,” tambahnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan tentang jadwal Si Jempol, bisa langsung membuka akun Instagram @dpmpt_bpp atau ke Facebook DPMPT Balikpapan. Bisa juga menghubungi ke nomor 0813 4874 4743. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title