background img

SERIBU GURU KENALKAN PUZZLE PAHLAWAN

2 weeks ago written by
PicsArt_11-11-03.30.54

Balikpapan – Komunitas Seribu Guru Balikpapan tak ingin melewatkan momen Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Mereka mengadakan berbagai kegiatan bersama dengan murid-murid SD Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Balikpapan, Sabtu (11/11).

Ketua Panitia dari Seribu Guru Balikpapan Budiman mengatakan, kegiatan Teaching and Giving (T&G) kali ini sekaligus untuk memperingati Hari Pahlawan. Pihaknya memilih SLBN karena ingin memperkenalkan para pahlawan yang telah berjasa melalui permainan.

“Salah satu permainan yang kami berikan adalah Puzzle Pahlawan dimana mereka akan adu keterampilan siapa yang bisa melengkapi puzzle dengan cepat dia yang akan menang. Setelah itu, kami juga beri edukasi tentang sosok pahlawan yang ada di puzzle tersebut,” paparnya.

Budi juga menjelaskan alasan lainnya memilih SLBN untuk menjalan program T&G nya. “Kalau murid SD lain yang bukan SLB mungkin bisa menerima pelajaran pahlawan melalui teori. Kalau murid SLBN ini sendiri kan mereka mempunyai keterbatasan fisik, mulai dari tunarungu, tunanetra, tunagrahita dan tuna daksa. Games yang kami berikan menyesuaikan keadaan mereka,” jelasnya.

Sebagai kepala sekolah, Mulyono merespon dengan sangat baik. Pasalnya, anak-anak didiknya mendapatkan pengetahuan baru dan sistem belajar yang lebih menyenangkan dibanding yang mereka dapat sehari-hari.

“Saya sangat berterima kasih karena komunitas Seribu Guru Balikpapan mau mendedikasikan ilmunya. Saya lihat anak-anak sangat tertarik sekali dengan metode-metode pembelajaran yang mereka berikan karena memang berbeda dengan yang disampaikan oleh guru mereka,” papar Mulyono.

Ia juga menyampaikan bahwa metode belajar sambil bermain seperti ini ternyata juga dibutuhkan oleh anak-anak didiknya yang berkebutuhan khusus. Jadi kegiatan ini juga tentu akan menjadi input untuk guru, komunitas di sekolah, serta kepala sekolah. “Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut, tidak hanya sampai disini,” imbuhnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title