background img

SELAMA RAMADHAN PMI BALIKPAPAN 24 JAM

6 hari ago written by
SELAMA RAMADHAN PMI BALIKPAPAN 24 JAM

KPFM BALIKPAPAN – Bila khawatir atau ragu-ragu untuk donor darah di saat sedang berpuasa, sebaiknya transfusi dilakukan sesudah berbuka puasa. Karena selama Ramadhan nanti, PMI Balikpapan di jalan Jenderal Sudirman buka full 24 jam.

“Di luar Ramadhan kami buka hanya dari pagi pukul 8 sampai malam pukul 22.00. Ada beberapa syarat saat donor, yakni memiliki jasmani yang sehat, memiliki berat badan di atas 50 kilogram, berusia 17 hingga 60 tahun, tidak minum obat selama seminggu terakhir, kecuali obat maag dan vitamin, memiliki denyut nadi, tekanan darah dan hemoglobin sesuai standar. Jarak dengan donor sebelumnya minimal 75 hari,” ujar Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Balikpapan dr. Suryani Trismiasih SpPK dan Humas Ayu saat bincang di program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Selasa (15/5).

Ia menjelaskan, selama bulan Ramadhan tahun ini PMI Balikpapan melakukan gerakan “jemput bola” bekerjasama dengan tempat ibadah mesjid dan gereja, serta instansi-instansi terkait.

“Saat puasa, permintaan darah sama seperti bulan-bulan sebelumnya, tetapi mengalami pengurangan sedikit untuk para pendonor. Hari pertama puasa kami berada di Balikpapan Islamic Center, hari ke-2 di Masjid Istiqomah,” ujarnya.

Terkait sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pihak pasien yang membutuhkan darah, Suryani menyebut sebenarnya itu adalah penggantian biaya screening darah. Karena setiap darah yang masuk akan dilakukan pemeriksaan terhadap empat penyakit, di antara terbebas dari penyakit HIV/AIDS, Hepatitis A, Hepatitis B dan Sifilis.

“Donor hanya berlangsung kurang dari 15 menit. Rata-rata durasi 10 hingga 12 menit saja. Lebih dari 15 menit, kami tidak bisa melanjutkan karena berpengaruh pada kualitas darah. Kalau untuk creening di laboratorium untuk memeriksakan 4 penyakit ini memakan biaya sekitar 600 ribu rupiah sampai jutaan. Di PMI penggantian seluruh biaya hanya 360 ribu,” ujar dokter Suryani yang akrab disapa dokter Menik.

Terkait pertanyaan seputar donor darah dan jadwal kegiatan donor, bisa telefon atau WhatsApp di nomor 08 999 11 2345. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title