background img

SATGAS PANGAN MULAI BERGERAK

6 months ago written by
24 MEI 2017 - SATGAS

Balikpapan – Satgas Pangan yang bertugas memantau stabilitas harga sembako jelang Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri di wilayah hukum Polda Kaltim sudah bergerak. Hal itu dikatakan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin, saat ditemui KPFM di Mapolda Kaltim, jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, Selasa (23/5).

“Sudah bekerja terus tiap hari. Saya perintahkan kepada seluruh Kapolres di wilayah Kaltim untuk mendata distributor-distributor sembako di daerah masing-masing, kemudian harus dicek setiap hari stok sembakonya berapa, didistribusikan tiap hari berapa, kemudian stok baru yang datang berapa,” jelas Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin.

Selain itu, Kapolda juga menginstruksikan kepada jajaran Polres di wilayah hukum Polda Kaltim untuk selalu mengawal pendistribusian Bulog. “Kemudian juga mereka koodinasi dengan Bulog. Agar stok pangan yang ada di Bulog segera di back up pendistribusiannya,” tambahnya.

Jika terdapat kenaikan harga sembako yang tak wajar di pasar, lanjut Irjen Pol Safaruddin, pihaknya tak segan untuk melakukan tindakan tegas kepada para pelaku yang bermain atas kenaikan harga tersebut.
“Saat ini belum ada temuan. Tapi kalau ada temuan akan kita tindak sesuai dengan kesalahannya. Dan nanti kita koordinasi dengan instansi terkait jika ada pelanggaran kalau ada tindakan pidana di dalamnya ya kita proses pidana,” katanya.

Pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap keberlangsungan kinerja Satgas Pangan di setiap Polres wilayah Kaltim. “Nanti pada satu minggu Ramadhan saya akan kumpulkan mereka untuk evaluasi lagi, untuk mengetahui bagaimana kondisi di lapangan serta langkah-langkah apa saja yang akan diambil kedepannya,” tegas Kapolda Kaltim.

Satgas Pangan dibentuk untuk menjaga stabilitas harga pangan khususnya sembako (sembilan bahan pokok) di pasar. Hal itu sebagai tindak lanjut permintaan Presiden Joko Widodo memastikan stabilitas harga sembako jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 Hijriah nanti. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title