background img

SAMS SEPINGGAN SIAGA CACAR MONYET

5 days ago written by
SAMS SEPINGGAN SIAGA CACAR MONYET (3)

KPFM BALIKPAPAN – Wabah Monkeypox atau cacar monyet yang sudah sampai ke negara Singapura menjadi atensi pemerintah. Salah satu caranya adalah dengan memperkatat masuknya warga negara asing di pintu-pintu kedatangan internasional di bandara dan pelabuhan.

Tak terkecuali di PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Saat ini, bandara internasional di jalan Marsma R. Iswahyudi, Sepinggan, Balikpapan Selatan itu meningkatkan pengawasannya. Di mana screening demam terhadap penumpang yang masuk  dipantau secara intensif. Utamanya adalah penumpang dari Singapura.

“Pengawasan sudah kami tingkatkan. Alat pendeteksi sudah diaktifkan untuk memantau penumpang dari Singapura yang berpotensi terjangkit virus cacar monyet,” kata General Manager AP I Balikpapan Farid Indra Nugraha kepada KPFM, Rabu (15/5) malam.

Diakui Farid, pemeriksaan terhadap penumpang dari Singapura di Bandara SAMS Balikpapan sejatinya sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari lalu. Dalam pemeriksaan ini pihaknya bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Sejak beberapa hari lalu kami telah melakukan pemeriksaan bagi penumpang dari Singapura bersama KKP. Pemeriksaan dilakukan sesuai SOP dalam mengantisipasi masuknya virus cacar monyet atau mongkeyprox ke Balikpapan atau wilayah sekitar,” ujarnya.

Dalam kasus ini, AP 1 dan KKP, lanjut Farid, akan melakukan pemeriksaan secara detail. Untuk itu, pihaknya selalu siaga melakukan pemeriksaan bagi penerbangan yang terjadwal maupun tidak terjadwal.

“Kami pastikan akan ditangani dengan baik dan KKP sudah siap mulai dari fasilitas peralatan maupun penanganan jika ada yang terjangkit cacar itu. Jadi, masyarakat tidak usah khawatir. Kami bersama KKP sudah tingkatkan keamanan untuk mengantisipasinya,” ucapnya.(FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *