background img

RUTIN PERIKSA MATA GRATIS DI RSPB

2 weeks ago written by
IMG-20171107-WA0000

Balikpapan – Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) di jalan Jenderal Sudirman rutin mengadakan pemeriksaan mata gratis untuk masyarakat Balikpapan. Aksi sosial pada November ini dikaitkan dengan Hari Diabetes Sedunia yang digelar Sabtu (11/11).

“Bila bulan lalu pemeriksaan mata untuk memperingati Hari Mata Sedunia, nah kali ini sekaligus memperingati Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada 14 November. Jadi pemeriksaannya tidak hanya secara umum, tetapi juga bagi penderita diabetes,” ujar salah satu dokter mata RSPB dr. Lilik Sujarwati saat diwawancarai KPFM, Jumat (10/11).

Dikatakannya, pemeriksaan gratis yang berlaku untuk semua usia dan semua kalangan ini untuk mengetahui apakah penglihatannya minus, plus, atau silinder. Tidak hanya itu, pasien juga akan ditanya apakah mempunyai riwayat diabetes atau tidak.

“Bagi pasien yang mempunyai riwayat diabetes, akan dilakukan pemeriksaan segmen posterior dengan funduskopi, dimana kedua mata pasien ditetesi midriatil sebelum diperiksa saraf matanya. Tujuannya untuk melebarkan manik- manik mata sehingga tampak jelas kondisi saraf matanya, apakah sudah terkena retinopati diabetik atau belum. Karena kalau sudah terkena kompilkasi diabetes pada mata, bisa menyebabkan kebutaan,” paparnya.

RSPB juga akan menyediakan dokter saraf untuk mengecek adanya gejala neuropati diabetik pada pasien penderita diabetes tersebut. Biasanya gejala yang muncul seperti tangan terasa kebas dan kesemutan.

“Harapan saya, bila ada keluhan mata jangan segan untuk ke klinik terdekat. Apalagi sekarang sudah ada BPJS yang bisa menanggung biaya pemeriksaan, termasuk konsultasi dan obat maupun tindakan lanjutan. Jadi tidak usah takut memeriksakan matanya, termasuk cek kacamata. Karena bagaimana pun juga mencegah lebih baik dari pada mengobati,” pesan dokter Lilik.

Pemeriksaan gratis ini akan dilaksanakan di Klinik Mata RSPB pada pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Tidak ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin memeriksakan mata, hanya dianjurkan membawa kartu identitas serta kartu BPJS Kesehatan untuk keperluan data administrasi. (RARA/KPFM)

Article Categories:
Events · News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title