background img

RSPB KUPAS DIABETES DI KPFM

2 weeks ago written by
PicsArt_11-10-02.38.40

Balikpapan – Tidak ada istilah diabetes kering dan diabetes basah. Begitulah dokter Rudy Mokodompit Sp PD Sp KL mengawali perbincangan pada Interactive Healthy Care bersama RSPB (Rumah Sakit Pertamina Balikpapan) di program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Jumat (10/11).

Dijelaskan Rudy, menurut medis ada empat tipe diabetes. Yakni diabetes tipe 1 yang didapati pada anak, diabetes tipe 2 yang dialami oleh orang dewasa, lalu diabetes pada kehamilan, dan diabetes tipe lain yang bisa terjadi pada kasus malnutrisi atau penderita luka bakar.

Diabetes menurut dokter Rudy, adalah pencetus penyakit lain, yang biasanya penderita mengalami gejala gatal-gatal pada kulit, walaupun sudah diobati. “Biasanya gula darah yang tinggi selama setahun, akan menimbulkan gejala gatal. Penyakit diabetes ini timbul biasanya setelah 5 hingga 6 tahun,” kata Rudy yang saat talkshow didampingi Pengawas Komunikasi dan Pengembangan Produk RSPB Liza Permatasari.

Diabetes ini prosesnya panjang, karena pola makan dan gaya hidup, seperti kurang berolahraga. “Pada prinsipnya ada tiga pilar yang wajib dilakukan bagi mereka yang masih memiliki gula darah normal, yaitu berolahraga, mengatur pola makan dan rutin kontrol,” ujarnya.

Lalu bagaimana bagi yang sudah terlanjur menderita diabetes?

“Tiga pilar ini tetap dilakukan, ditambah dengan mengubah pola makan dengan mengganti nasi dengan beras merah, karena GI (Glikemiks Indeks) beras merah yang paling rendah di antara karbohidrat lain, seperti beras putih dan kentang,” papar Rudy.

Dijelaskan, kecukupan gula untuk pria dan wanita setiap harinya berbeda. Untuk pria kebutuhan gula pada angka 150 kalori atau setara dengan 9 sendok teh. Sedangkan untuk wanita hanya 100 kalori atau setara 6 sendok teh. “Jadi sebaiknya yang masih memiliki gula darah normal agar membatasi gula yang dikonsumsi, mengingat dampaknya bisa berpengaruh pada penglihatan,” katanya. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title