background img

RIZAL PUNYA KANS JADI CAGUB USUNGAN PDIP

1 week ago written by
15 MEI 2017 - RIZAL EFFENDI

Balikpapan – Walikota Rizal Effendi tampaknya memiliki peluang besar menjadi peserta usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018 nanti. Jejak perjalanan Rizal bersama PDIP di beberapa pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu alasan, mengapa nama walikota petahana Balikpapan itu punya kans besar di PDIP.

Bendahara Umum DPD PDIP Kaltim Mohammad Samsun saat dikonfirmasi KPFM, Senin (17/7) mengatakan, secara internal partai jika berdasarkan trek rekornya, nama Rizal Effendi masih sangat berpeluang menjadi Cagub maupun Cawagub yang diusung partai berlambang kepala banteng tersebut.

“Beliau bisa dikatakan memiliki chemistry begitu tinggi dengan PDIP. Mengingat, selama tiga kali diusung PDI dalam Pilkada Balikpapan, beliau selalu terpilih, mulai dari wakil Pak Imdaad hingga Pilkada kemarin berpasangan dengan Pak Rahmad. Untuk sementara di internal, Pak Rizal masih sangat berpeluang untuk menjadi Cagub maupun Cawagub yang diusung partai. Karena saat ini kami belum mengerucut ke siapa-siapa, baik kader maupun non kader,” jelas Samsun.

Namun demikian, lanjut Samsun, segala penentuan Cagub dan Cawagub harus mengikuti proses yang telah ditetapkan oleh partai. Saat ini pemeriksaan berkas bagi mereka yang mendaftar Cagub maupun Cawagub ke PDIP termasuk Rizal masih berlangsung di DPP PDIP.

“Semua masih diperiksa di Pusat. Dan sambil diperiksa, survei juga sedang kami laksanakan bersamaan dengan pemeriksaan berkas itu. Biar kami tahu berapa besar elektabilitasnya, sehingga kami dapat menentukan beliau akan dipasangkan dengan siapa, jika jadi diusung nanti. Surveinya berakhir tanggal 30 Juli 2017 nanti. Jadi data validnya nanti setelah survei,” imbuhnya.

Samsun juga membeberkan, jika pemeriksaan berkas telah dilaksanakan, akan ada panggilan kepada yang bersangkutan untuk menghadiri Fit and Proper Test. “Itu tergantung DPP. Tapi dalam bulan-bulan ini akan ada panggilan Fit and Proper Test,” pungkasnya. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title