background img

RATUSAN PEMUDIK GRATIS NAIK KAPAL PERANG

2 minggu ago written by
RATUSAN PEMUDIK GRATIS NAIK KAPAL PERANG (3)

Foto: Kapal KRI Makassar (590) saat bersandar di Pelabuhan Semayang

KPFM BALIKPAPAN – Kementerian Perhubungan RI bekerkerja sama TNI Angkatan Laut menyediakan layanan mudik gratis. Satu kapal disiapkan, untuk mengangkut penumpang yang melakukan perjalanan Balikpapan-Surabaya dengan jalur laut.

Yang menarik, kapal tersebut adalah armada perang KRI Makassar (590). Kapal bersandar di Pelabuhan Semayang, Sabtu (1/6) pagi. Sebanyak kurang lebih 900an warga menumpang kapal TNI AL tersebut.

“Ada 986 orang penumpang yang berangkat hari ini, dari kapasitas seribu orang yang kami siapkan,” kata Komandan KRI Makassar (590) Letkol Laut (P) Anton Pratomo sesaat sebelum keberangkatan.

Kapal perang yang bisa mengangkut mobil tank sebanyak 22 unit ini berangkat Sabtu (1/6) petang. Sekira pukul 17.00 Wita.

Perjalanan menuju Surabaya dari Pelabuhan Semayang akan ditempuh selama kurang lebih dua hari, dengan kecepatan maksimal 12 knot. Sehingga, kapal diperkirakan tiba di Surabaya tanggal 3 Juni.

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono mengatakan, layanan ini merupakan kerja sama TNI AL dan pemerintah pusat, melalui Kementerian Perhubungan RI.

Tambahan angkutan jalur laut dibutuhkan, karena prakiraan adanya peningkatan terhadap jumlah pemudik melalui jalur laut yang disebabkan mahalnya tiket pesawat.

“Bahwa pemudik dari Balikpapan melalui jalur laut meningkat. Karena harga tiket pesawat cukup tinggi,” katanya.

Layanan kapal gratis dari TNI AL ini baru terjadi pertama kalinya selama kurun waktu  Ramadan ini. Di Indonesia, ada dua layanan gratis, selain rute Balikpapan-Surabaya, juga pelayaran Jakarta-Lampung.  (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *