background img

RANGKUL LAPISAN BAWAH, BPJS KESEHATAN GANDENG PKK

1 week ago written by
19 MEI 2017 - PKK BPJS

Balikpapan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggandeng Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Balikpapan agar dapat merangkul masyarakat level bawah dalam pelaksanaan kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal tersebut disampaikan Kepala Departemen Hukum Komunikasi Publik Kepatuhan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kantor Divisi Regional VIII Ayu Budi Mursintawati saat diwawancarai KPFM usai acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 di Aula Kantor Walikota jalan Jenderal Sudirman, Kamis (18/5). Ayu mengatakan, alasan bekerjasama dengan kader-kader PKK dalam membantu pelaksanaan JKN-KIS, karena mereka merupakan satuan terkecil yang bisa menyentuh hingga masyarakat lapisan terbawah.

“Ada sekitar 200 kader yang kami gandeng, dan sampai bulan April 2017 ini peserta JKN-KIS masih mencakup sekitar 85 persen dari jumlah penduduk Balikpapan. Jadi kami masih punya tanggungan mengejar sekitar 15 persen penduduk yang belum memiliki JKN-KIS. Sedangkan Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan tahun 2018 semua masyarakat Balikpapan sudah harus memiliki kartu tersebut,” ujarnya.

Selain bekerjasama dalam pelaksanaan JKN-KIS, lanjut Ayu, BPJS Kesehatan juga sekaligus memberikan pemahaman tentang pembayaran iuran dan mekanisme pelayanan BPJS Kesehatan di rumah sakit. “Melalui kegiatan-kegiatan PKK diharapkan bisa tersampaikan apa kendala-kendala mereka dalam melakukan pembayaran iuran dan pelayanan di rumah sakit,” jelas Ayu.

Dengan begitu, BPJS Kesehatan bisa mengoptimalkan peran kader PKK. Sebagai informasi, selain bisa melakukan pendaftaran pada 34 Kelurahan di Kota Balikpapan, BPJS Kesehatan kini juga dapat mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau yang menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP), BPJS Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telefon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Bagi peserta yang telah melakukan pembayaran, maka kartu JKN KIS akan dikirim ke alamat peserta. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title