background img

PULUHAN MEDIA IKUT WORKSHOP KPID

6 bulan ago written by
PicsArt_09-27-04.32.27

KPFM BALIKPAPAN – Puluhan media elektronik TV dan radio antusias mengikuti workshop peningkatan profesionalisme SDM (Sumber Daya Manusia) penyiaran, yang digelar Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim, Selasa (25/9).

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Amaris, jalan Dokter Sutomo, Kota Samarinda. Sebanyak puluhan media TV dan radio tersebut datang dari berbagai kota dan kabupaten di wilayah Kaltim.

“Seluruh radio dan TV yang berizin di Kaltim, kita undang. Kita juga mengundang mahasiswa jurusan komunikasi. Dari pemerintahan juga kita undang, ada Dinas Kominfo Kaltim dan dari humas pemprov juga hadir,” kata Ketua KPID Kaltim Sarifudin usai acara.

Pada kegiatan workshop ini, KPID Kaltim menghadirkan 4 pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Yaitu Komisioner KPI Hardly Stefano, Dirut Radio Suara Surabaya FM Errol Jonathans, News Production Manager Metro TV Kabul Indrawan dan salah satu host senior MNC Group David Silahoi.

Pemateri pertama Hardly Stefano dalam kegiatan ini memaparkan materi seputaran regulasi dan kondisi penyiaran Indonesia saat ini. Setelah paparan materi dari Hardly, dilanjutkan materi kedua yang dipaparkan oleh Errol Jonathan dan Kabul Indrawan.

Keduanya membawakan materi masing-masig seputaran kiat-kiat dalam mengelola radio serta memproduksi berita TV. Materi terakhir disampaikan David Silahoi, tentang tips menjadi host TV yang baik dan benar, baik dari segi penampilan maupun gaya bahasa.

“Ini pertama kali kita lakukan. Kita upgrade dari sisi teknis. Biasa kita upgrade dari sisi etika, kita sering melakukan pelatihan tentang P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran). Dan ini kita upgrade dari sisi teknis,” terang Sarifudin.

Dari kegiatan ini, diharapkan para peserta yang berasal dari berbagai TV dan radio dapat menyajikan program-program berkualitas, mendidik sekaligus menghibur.

“Tujuan umumnya memberikan penjelasan bagaimana memproduksi program siaran yang berkualitas dan berkesinambungan. Memberikan pemahaman tentang regulasi penyiaran. Semoga penyiaran di Kaltim jauh lebih baik dalam menyajikan produksi suatu program,” kata ketua pelaksana kegiatan sekaligus Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Kaltim Adhe Udiani menambahkan keterangan Sarifudin. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *