background img

POLSEK BARAT SITA RATUSAN PETASAN

2 months ago written by
PicsArt_06-16-04.59.44

Balikpapan – Polsek Balikpapan Barat menyita ratusan petasan (mercon) milik salah satu pedagang berinisial Sus yang berjualan di samping Masjid Al-Ula, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat, Kamis (15/6). Ratusan mercon tersebut diamankan Unit Reserse Polsek Balikpapan Barat, berkaitan operasi Cipkon (Cipta Kondisi) di wilayah tersebut.

Kapolsek Balikpapan Barat I Putu Yasa saat ditemui KPFM di kantornya, Jumat (16/6) mengatakan, penyitaan mercon tersebut berdasarkan keluhan warga. Bunyi petasan kerap kali terdengar saat ibadah salat tarawih di masjid tersebut.

“Ada yang main petasan saat tawarih di Masjid Al-Ula. Seperti yang terjadi pada malam Minggu lalu. Akhirnya, saya langsung perintahkan anggota untuk melakukan razia kes ana, namun orang yang main petasan sudah nggak ada. Tapi anggota kami menemukan penjual tak berizin di sana. Akhirnya, ratusan petasan milik penjual itu kami amankan,” jelas I Putu Yasa.

Pengamanan petasan tersebut, lanjut Putu, sebagai bentuk preventif dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. “Karena sudah ada laporan ledakan petasan tersebut, ya kita pro aktiflah,” sambungnya.

Namun demikian, perwira berpangkat melati satu itu menegaskan akan menindak penjual tak berizin tersebut sesuai proses hukum yang berlaku. “Saya tetap sidik dan lanjut sampai ke proses hukum. Tapi yang bersangkutan tidak kita tahan. Itu termasuk tipiring,” pungkasnya.

Penjual tersebut disangka melanggar Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian, dan Pengendalian Bahan Peledak Komersial, dengan ancaman hukuman di bawah 5 tahun penjara. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title