background img

POLISI PERIKSA KEPALA DINAS PU

2 minggu ago written by
POLISI PERIKSA KEPALA DINAS PU (3)

KPFM BALIKPAPAN – Penyidik Satreskrim Polres Balikpapan  melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri, Senin (12/8) siang.

Ia diperiksa sebagai saksi atas kasus meninggalnya dua bocah di kolam bekas galian tanah di depan Stadion Batakan, Manggar, Balikpapan Timur (Baltim), Kamis, 8 Agustus lalu.

“Hari ini kami memang mengagendakan pemanggilan terhadap kepala Dinas PU. Dia dipanggil sebagai saksi atas kasus meninggalnya dua bocah saat berenang di kolam penampungan air di Stadio Batakan,” kata Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Makhfud Hidayat usai pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan selama kurang lebih empat jam tersebut, Makhfud mengaku mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Yusri. Semua pertanyaan tersebut tidak jauh dari keberadaan kolam bekas galian di Stadion Batakan.

“Kami menanyakan seputaran fungsi dibangunnya kolam itu. Kemudian mengapa tidak adanya pengamanan serta rambu-rambu di sekitar kolam tersebut,” ujarnya.

Dari penjelasan Yusri, lanjut Makhfud, kolam tersebut dibangun untuk menampung air yang tidak bisa mengalir di sisi bagian utara Stadion. “Katanya kolam itu untuk penampungan air dari Stadion. Karena drainase bagian sisi utara hingga saat ini belum dibebaskan lahannya, sehingga dibuatkan kolam penampungan,” ungkapnya.

Setelah Kepala Dinas PU, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap kepala UPT Gedung dan pengelola  Stadion Batakan Balikpapan. Dijadwalkan, pemeriksaan itu dilakukan pada, Rabu 14 Agustus 2019. “Ada dua kepala UPT nanti yang diperiksa hari Rabu. Tadi direkomendasi oleh pak Yusri juga,” ucapnya.

Ditanya apakah adanya unsur kelalaian dalam kasus ini, Makhfud menegaskan masih akan terus melakukan pendalaman. “Kita masih dalami, kalau memang ada unsur kelalaian kita akan proses,” tegasnya.

Terpisah, saat hendak meninggalkan halaman Polres Balikpapan sekitar pukul 15.30 Wita, Yusri memilih sedikit bicara saat dicecar pertanyaan oleh awak media. “Tadi diperiksa terkait meninggalnya dua anak di kolam samping Stadion. Pemeriksaan mulai Pukul 11.00 Wita,” kata Yusri.

Selama pemeriksaan, Yusri mengaku hanya menyampaikan dan menjelaskan apa yang diminta oleh penyidik. “Saya menyampaikan sesuai pertanyaan. Selebihnya nanti tanya penyidik,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemanggilan tersebut merupakan pemanggilan pertama dan dirinya mengaku siap hadir jika ada pemanggilan lagi untuk dimintai keterangan. “Kita nggak tahu kapan dipanggil lagi, tapi siap saja kalau memang nanti dipanggil lagi,” ucapnya.

Sementara untuk merespon kejadian itu, ke depan pihaknya akan melakukan sejumlah langkah antisipasi agar kejadian yang sama tidak terulang. Salah satunya dengan memasang rambu dan memberikan pengamanan di lokasi kubangan tersebut. “Kita akan amankan agar tidak terjadi hal serupa lagi,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *