background img

POLDA MUSNAHKAN NARKOBA DAN MIRAS 12 M

7 hari ago written by
POLDA MUSNAHKAN NARKOBA DAN MIRAS 12 M

KPFM BALIKPAPAN – Polda Kaltim kembali memusnahkan barang bukti pengungkapan kasus peredaran narkoba dan miras di wilayah hukumnya. Pemusnahan dilaksanakan di halaman Gedung BSCC Dome Balikpapan, Senin (14/5).

Untuk narkoba, pemusnahan dilakukan dengan memasukkan barang bukti sabu sebanyak 5.948 gram atau kurang lebih 6 kilogram serta 540 butir ekstasi ke dalam wadah berisi air, lalu diaduk hingga barang haram tersebut larut bersama air, kemudian dibuang ke saluran air alias lubang parit yang berada tak jauh dari lokasi pemusnahan.

Sementara untuk miras, barang bukti dengan rincian miras tradisional sebanyak 10.092 liter dengan berat 10 ton serta miras pabrikan sebanyak 3.518 botol itu dimusnahkan dengan digilas menggunakan alat berat.

“Ini hasil tangkapan kami baik narkoba maupun miras di dua bulan terakhir. Sekaligus kami ingin membuka awal bulan Ramadhan dengan kegiatan pemusnahan. Dengan harapan, tidak ada lagi peredaran narkoba dan miras di bulan Ramadhan. Ya kita menghormati dan menghargai umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah Ramadan,” kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dalam konferensi pers pemusnahan tersebut.

Untuk langkah selanjutnya, pihak jajaran Polda hingga Polres akan terus melakukan langkah preventif, salah satunya dengan kegiatan razia di tempat-tempat yang dinilai rawan beredarnya narkoba dan miras.

“Upaya pencegahan, kita bersama-sama dengan BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) selalu melaksanakan binlu, kemudian langkah preventif dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan razia,” tambahnya.

Untuk diketahui, jumlah barang bukti hasil pengungkapan kasus peredaran narkoba dan miras yang dimusnahkan tersebut kurang lebih senilai Rp12,6an miliar. “Untuk sabu, satu kilo sekitar Rp2 miliar. Dikalikan saja kalau 6 kilogram, jadi Rp12 miliar. Untuk mirasnya, Rp600an juta,” beber Direktur Resnarkoba Polda Kaltim Kombes Pol Akhmad Shaury.  (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title