background img

POLDA KALTIM KERAHKAN TIM TRABAS

6 bulan ago written by
PicsArt_10-09-07.29.46

KPFM BALIKPAPAN – Pendistribusian bantuan logistik oleh Polda Kaltim untuk korban gempa di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi, masih terus berlanjut. Di hari keempat pendistribusian, rombongan yang dipimpin Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto menyasar dua daerah yang terisolasi akibat gempa, di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

“Hari ini, Senin (8/10), pendistribusian kami lanjutkan. Ada dua titik yang sulit dijangkau, dan itu menjadi sasaran pendistribusian bantuan. Pertama, di Desa Malei, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala. Kedua, di daerah Raranggonau, Kabupaten Sigi,” kata Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto saat ditemui KPFM di Mapolda Sulteng, jalan Sam Ratulangi, Kota Palu, Senin (8/10) malam.

Pendistribusian bantuan logistik ke Desa Malei, ditempuh menggunakan jalur laut, dari Pelabuhan Pantoloan Palu. Daerah tersebut terisolir akibat jalan menuju kecamatan itu terputus.

“Kalau pakai mobil, nggak tembus. Karena jalur darat terputus. Akhirnya bantuan kita distribusikan lewat jalur laut,” terang Lukman.

Kedatangan rombongan Kaltim bersama salah satu jenderal bintang dua dari Mabes Polri Irjen Pol Muktiono membawa bantuan disambut tangis bahagia oleh warga korban gempa yang berkumpul di Desa Malei. Pasalnya, akibat akses jalan yang putus, mengakibatkan bantuan yang masuk ke daerah itu jarang.

“Di sana ada 625 KK (Kepala Keluarga). Ada 8 desa yang berkumpul di Desa Malei, menunggu bantuan yang datang. Ini juga instruksi dari Pak Kapolri untuk ke sana. Infonya ada yang meninggal kelaparan. Tapi setelah kita cek, itu tidak benar. Memang ada yang meninggal, tapi bukan karena kelaparan melainkan sakit,” kata ¬†Wakapolda Kaltim Lukman.

Sementara pendistribusian bantuan ke daerah Raranggonau, Kabupaten Sigi, Polda Kaltim mengerahkan Tim Trabas yang didatangkan langsung dari Polda Kaltim. Tim Trabas merupakan pasukan bermotor trail, yang dikirim guna melakukan patroli di seluruh kawasan Kota Palu.

“Ada 25 sepeda motor bawa bantuan ke sana. Jalurnya tidak bisa dilalui mobil. Karena hanya jalur setapak. Itu pun melewati pinggir-pinggir jurang. Ada tim dokter juga kita kirim ke sana,” jelasnya.

Di daerah tersebut, ada sekitar 74 KK. Jarak dari lokasi sasaran distribusi bantuan tersebut ditempuh selama dua jam lebih dari Kota Palu.

“Ada kurang lebih 200 jiwa di sana. Jadi dari Kota Palu, bantuan kita bawa ke daerah persiapan, itu berada di Kabupaten Sigi juga. Waktu tempu sekitar satu setengah jam. Kemudian dari daerah persiapan menuju lokasi menggunakan sepeda motor trial sekitar 45 menit,” pungkas mantan Kapolda Sulawesi Barat itu.

Seperti diberitakan, Polda Kaltim datang ke Kota Palu, Kamis (4/10). Kedatangan rombongan kepolisian tersebut guna membawa dan mendistribusikan bantuan logistik untuk korban gempa bumi di daerah Sulteng.

Tiga daerah yang paling terdampak atas bencana alam tersebut menjadi sasaran pendistribusian bantuan logistik. Yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *