background img

POLDA GAGALKAN PENYELUDUPAN SEMBAKO MALAYSIA

3 minggu ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Jajaran Subdit Penegakan Hukum Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Subdit Gakkum Ditpolairud) Polda Kaltim kembali menggagalkan upaya penyelundupan barang ilegal asal Malaysia.

Kali ini sebuah kapal motor bermuatan sembako yang diangkut dari negeri jiran tersebut disita petugas di wilayah perairan perbatasan RI-Malaysia, akhir September lalu.

Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kaltim, Kompol Teguh Nugroho mengungkapkan, aktivitas penyelundupan tersebut sejatinya sudah dipantau sejak seminggu lamanya.

“Selama seminggu kami pantau dan melakukan penyelidikan. Itu membuahkan hasil dengan mengamankan seorang tersangka bernama Herman (38) selaku pemilik barang,” kata Teguh saat ditemui di Mako Ditpolairud Polda Kaltim, Kamis (3/10) siang.

Tersangka, lanjut Teguh, diamankan di wilayah perairan Tanjung Batu, Kabupaten Berau. Ia diamankan berserta barang bukti berupa satu buah kapal KM Rehan Jaya 01 bermuatan sembako.

“Setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan sembako berupa beras, cuka dan makanan ringan yang berasal dari Tawau, Malaysia. Rencana barang tersebut akan didistribusikan di Berau dan beberapa¬† wilayah di Kaltim,” ujarnya.

Aktivitas penyeludupan ini, kata Teguh, tentu sangat merugikan Negara. Selain itu akan mematikan produk lokal.

“Tentu bisa menghancurkan produk lokal sehingga mengganggu perekonomian yang ada. Kita lakukan upaya tindakan tegas terhadap pelaku,” tegasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *