background img

PERWALI JAM EDAR MANDUL, RIZAL TEGUR DISHUB LALAI

5 months ago written by
16 FEBRUARY 2017 - 5 RAPAK

Balikpapan – Semangat merevisi Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Jam Edar kendaraan besar yang belum lama dilakukan, terkesan tak sesuai dengan praktik di lapangan. Tudingan lemahnya pengawasan, memunculkan penilaian Perwali itu benar-benar mandul.

Padahal, revisi itu dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi kondisi nyata di lapangan, dimana seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan besar. Salah satu poin penekanan revisi itu membatasi kembali peredaran kendaraan besar di hari libur. Dipertegas pula, kendaraan berbobot 20 feet maupun 40 feet, baru bisa beroperasi di jalan kota pada pukul 22.00 hingga pukul 06.00 Wita.

Dalam Perwali tersebut juga mengatur jenis kendaraan besar. Selain truk tronton, juga mengatur truk mixer pengangkut beton cor atauĀ truk molen, yang sebelumnya tidak diatur dalam Perwali 33/2009. Sebagian masyarakat pun kembali menuding pengawasan petugas di lapangan sangat lemah, menyusul peristiwa kecelakaan lalu lintas di kawasan Muara Rapak, Kamis (16/2) sekitar pukul 07.40 Wita. Dikabarkan, truk Fuso KT 8408 XQ menabrak beruntun mobil Avanza dan tiga sepeda motor. Tak ada korban jiwa, namun kejadian ini sempat menyita perhatian warga yang melintas.

Sayangnya, ketika KPFM mengonfirmasi ke Polres Balikpapan Kamis siang (16/2) lakalantas di jalan turunan Rapak tersebut belum terlaporkan. Terkait hal ini Walikota Balikpapan Rizal Effendi menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada instansi terkait, dalam hal ini Dishub Balikpapan. Pasalnya, dengan adanya kejadian ini ia menilai ada kelalaian dari instansi terkait dalam hal pengawasan. “Nanti kita cek. Saya juga belum dapat laporan soal itu. Bisa saja nanti kalau ada kelalaian petugas kita lakukan teguran. Bisa teguran pertama, kedua dan ketiga. Setiap ada kejadian selalu kita tegur, nanti kita lihatlah tingkat kesalahannya sampai seberapa besar,” ujar Rizal saat ditemui KPFM di Kantor Walikota, Kamis (16/2). (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title