background img

PERTAMINA UTAMAKAN GANTI RUGI

1 week ago written by
WhatsApp Image 2018-04-13 at 11.19.23 AM

KPFM BALIKPAPAN – Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik berkunjung ke Mapolda Kaltim, jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, Kamis (12/4). Kunjungan tersebut terkait kasus tumpahan minyak di perairan Teluk Balikpapan yang terjadi akhir Maret 2018 lalu.

Didampingi General Manager (GM) PT Pertamina RU V Balikpapan Togar MP dan Region Manager Communication and CSR Kalimantan Yudi Nugraha bersama rombongan lainnya, Elia tiba sekira pukul 13.30 Wita di Mapolda.

Kedatangan Dirut Pertamina itu untuk bertemu dengan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto. Pertemuan  berlangsung tertutup, selama kurang lebih satu jam.

Usai pertemuan, Dirut Elia mengemukakan kepada awak media saat ini pihaknya fokus terhadap dua hal, yaitu kemanusiaan dan lingkungan. “Ini kan kita prioritas pertama penanggulangan dana. Ini kan belum selesai, ada yang namanya proses recovery, ini yang belum selesai. Prioritas kami pertama kemanusiaan kemudian lingkungan. Kalau untuk proses hukum kami serahkan ke yang berwajib,” kata Elia sembari keluar menuju mobilnya.

Sementara saat ditanyai apakah akan dilakukan pemecatan terhadap GM PT Pertamina RU V Balikpapan, dirinya menyebutkan hal itu pterlalu cepat untuk diambil sebagai sikap atas kasus tumpahan minyak tersebut. Sebab yang utama, kata dia, adalah ganti rugi dan penanganan kerusakan lingkungan yang merupakan dampak ceceran minyak tersebut.

Untuk diketahui, tumpahan minyak di perairan Teluk Balikpapan disebabkan karena pipa distribusi minyak mentah milik Pertamina dari Terminal Lawe-Lawe ke Balikpapan terputus.

Tumpahan minyak itu menyebabkan kebakaran besar. Satu kapal bernama MV Ever Judger ikut terbakar. Lima orang warga pemancing tewas alibat peristiwa itu.

Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti putusnya pipa tersebut. Hal ini masih dalam penyelidikan kepolisian. Peristiwa tumpahan minyak ini berdampak besar dan negatif bagi lingkungan Kota Balikpapan. Puluhan kilometer pantai Kota Balikpapan tercemar. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title