background img

PENCEMARAN UDARA BALIKPAPAN DIPANTAU LEWAT SMARTPHONE

2 weeks ago written by
PicsArt_08-04-08.15.12

Balikpapan – Untuk mengetahui informasi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Balikpapan, masyarakat tidak perlu lagi melihatnya melalui layar yang dipasang pada titik tertentu. Mulai Kamis (9/11) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan menginformasikan ISPU melalui website resminya; dlh.balikpapan.go.id.

“Sebelumnya untuk mengetahui indeks udara masyarakat harus melihatnya melalui layar Alat Pemantau Kualitas Udara (APKU) yang hanya dipasang di depan Plaza Balikpapan jalan Jenderal Sudirman, depan Plaza Rapak jalan Soekarno Hatta dan perumahan Balikpapan Baru. Tapi sekarang tidak perlu repot lagi, cukup buka website DLH di smartphone dan bisa diakses oleh siapa saja,” ujar Kepala DLH Balikpapan Suryanto saat diwawancarai di kantornya, Kamis (9/11).

Dikatakannya, pengukuran kualitas udara di Kota Balikpapan bisa menggunakan cara otomatis yaitu dengan menggunakan Alat Pemantauan Kualitas Udara (APKU), dan pengukuran manual dilaksanakaan dengan alat khusus di beberapa titik lokasi yang strategis.

“Metode pemantauan otomatis yang dilaksanakan dengan APKU dihitung berdasarkan hasil jumlah hari alat berfungsi dalam satu tahun, minimal 50 persen sebagai dasar informasi yang mewakili kualitas udara di kawasan tersebut,” imbuhnya.

Bagi Suryanto, informasi terkait ISPU ini penting untuk diketahui masyarakat guna membangun kesadaran dalam menjaga lingkungan, seperti lebih perhatian terhadap emisi gas buang kendaraan, dan tidak membakar sampah. Karena melalui informasi ini, masyarakat dapat mengetahui kualitas udara pada lokasi di mana APKU terpasang.

“Misal nilai ISPU-nya 46, itu artinya kondisi udara baik. Dari informasi tersebut kita dapat segera menentukan upaya untuk menjaga agar kondisi udara di sekitar agar tetap baik,” jelasnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title