background img

PEMKOT USULKAN SEWA RUMAH KORBAN KEBAKARAN

2 weeks ago written by
PicsArt_01-06-06.43.00

Balikpapan – Musibah kebakaran yang menimpa lima RT di Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Jumat (5/1) merupakan bencana besar yang melanda Kota Beriman. Pasalnya, berdasarkan data terlapor di posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pukul 09.25 Wita, sedikitnya114 bangunan yang dihuni 121 Kepala Keluarga (KK) habis dilahap jago merah.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mendirikan posko dan tenda pengungsian di lahan eks Polda Kaltim, jalan Wiluyo Puspoyudo, samping Kantor Wali Kota Balikpapan. Ini sebagai langkah pertama upaya penanggulangan bencana.

“Dalam musibah ini, kami dari Pemkot berupaya membantu sesuai dengan prosedur yang ada dan kebetulan ini termasuk musibah yang besar. Jadi untuk pertolongan pertama kami membuka semacam tempat penampungan di samping kantor Wali Kota yang berlaku selama 7 hari. Tetapi jika keadaan belum memungkinkan bisa diperpanjang 3 hari ke depan,”ujar Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli dalam Rapat Koordinasi Tanggap Darurat di ruang Rapat I.

Sementara, untuk langkah darurat lain, atas instruksi Wali Kota Fadli meminta kepada tim yang bersangkutan untuk menghitung jumlah uang sewa yang diambil dari dana tak terduga bagi kepentingan penanggulangan kebakaran. Hal ini dilakukan supaya para pengungsi tidak berlama-lama tinggal di tenda penampungan. “Apalagi sekarang musim hujan, mereka pasti kedinginan dan kebasahan. Maka dari itu, kami juga akan menawarkan rumah susun milik pemerintah yang masih kosong dengan sistem membayar uang sewa atau mereka mencari sendiri rumahnya dengan menggunakan uang sewa dari kami. Untuk jumlahnya sendiri mungkin baru minggu depan,” paparnya.

Sementara, dana tak terduga yang ada di APBD tahun ini hanya sebesar Rp5 miliar. Sedangkan untuk pencegahan perluasan Difteri juga mengharapkan dari dana tak terduga ini meskipun sifatnya bertahap. Menurut Fadli, jika memang keadaannya darurat, pihaknya akan berbicara kepada DPRD Balikpapan. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title