background img

PDAM AKUI BELUM MAKSIMAL

1 week ago written by
DSCF1173

Balikpapan – Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi mengakui pihaknya belum maksimal dalam hal pelayanan distribusi air ke masyarakat. Ini dibeberkannya saat mendampingi Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyambangi studio radio KPFM di jalan Jenderal Sudirman, Markoni, Kamis (20/4).

Menurutnya, kurang maksimalnya PDAM dalam hal pendistribusian air tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan produksi volume aliran air oleh PDAM. “Idealnya PDAM Balikpapan memproduksi air sebanyak 1.600 liter per detik. Tapi saat ini, kita hanya bisa produksi 1.200 liter per detik. Kita akui belum bisa optimal,” ujarnya.

Selain itu, disebutkan pula, pihaknya hanya bisa melayani kebutuhan air kepada 76,8 persen dari total penduduk Kota Balikpapan saat ini. Hal itu dikarenakan kurangnya sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. “Kendalanya adalah kurangnya ketersediaan air baku di Kota Balikpapan,” jelasnya. Pihaknya berharap banyak pada pembangunan Waduk Teritip dan program pengolahan air laut menjadi air baku (desalinasi) yang pernah digaungkan sejak tahin 2016 lalu. Dengan begitu, PDAM optimistis kebutuhan masyarakat akan dapat terpenuhi seluruhnya.

“Waduk Teritip nanti produksinya sekitar 200 liter per detik. Kelak ada program pengolahan air laut, produksinya sekitar 50 liter per detik. Mudah-mudahan proyek itu akan selesai tahun 2019, sehingga kebutuhan masyarakat akan terpenuhi 100 persen,” jelas Haidir.

Seperti diketahui, hingga saat ini masih ada beberapa daerah wilayah Kota Balikpapan yang belum bisa merasakan optimalisasi pendistribusian air PDAM Tirta Manggar. Contohnya seperti aliran air PDAM yang baru bisa hidup di kala malam hari, sekitar pukul 01.00 Wita. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title