background img

PARTISIPASI PEMILIH BALIKPAPAN CETAK SEJARAH

5 days ago written by
PARTISIPASI PEMILIH BALIKPAPAN CETAK SEJARAH (3)

KPFM BALIKPAPAN – Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Kota Balikpapan mencapai 74,84 persen. Angka ini hampir mendekati target Nasional sebesar 77,5 persen.

Demikian disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Divisi Partisipasi Masyarakat, Syahrul Karim, saat diwawancarai KPFM di ruang kerjanya, Rabu (15/5).

Menurut Syahrul, meski tidak mencapai target Nasional partisipasi pemilih pada Pemilu kali ini menjadi sejarah baru di Kota Minyak. Pasalnya, sejak tahun 1999 sampai tahun 2018 partisipasi pemilihan di bawah 70 persen. “Biasanya selalu di bawah 70 persen. Baru tahun 2019 ini angka partisipasi pemilih di atas 70 persen,” katanya.

Tingginya partisipasi pemilih, lanjut Syahrul, disebabkan karena beberapa faktor. Yang pertama adalah karena data pemilih yang sudah valid. Kemudian antusias masyarakat yang memang tinggi dalam menyambut Pemilu tahun 2019 ini, serta sosialisasi yang dilakukan KPU cukup maksimal dalam mengajak pemilih untuk datang ke TPS.

“Upaya yang kami lakukan selama ini cukup berhasil. Sebagai contoh sosialisasi kepada kaum milenial untuk menggunakan hal pilihnya,” ujarnya.

Syahrul menambahkan, berdasarkan data persentase tertinggi pada Pemilu tahun 2019 ini adalah Pilpres yang mencapai 75,3 persen. Kemudian disusul DPRD Kota Balikpapan mencapai 75,1 persen, dan yang terakhir pemilihan DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi sebesar 74,6 persen.

“Mudahan dengan tingginya partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 ini, dapat menjadi modal awal untuk Pilkada Walikota pada tahun 2020 mendatang,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *