background img

MURID KPS WAKILI INDONESIA KE BULGARIA

1 minggu ago written by
MURID KPS WAKILI INDONESIA KE BULGARIA

KPFM BALIKPAPAN – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan SD Nasional KPS Balikpapan.

Kali ini anak didik Noriko Khang, terpilih menjadi salah satu wakil Indonesia untuk berkompetisi pada Bulgaria International

Mathematics Competition (BIMC) tahun 2018.Hal ini dibenarkan guru Matematika SD KPS Balikpapan, Fera Setyawan, saat dihubungi KPFM, Rabu (13/6). Dia mengatakan, Noriko terpilih lewat jalur seleksi OSN (Olimpiade Sains Nasional), mulai penyisihan tingka Kota, Provinsi, hingga tingkat Nasional.

“Prosesnya cukup panjang, di tingkat Nasional disaring lagi hingga terpilih 12 orang dan Noriko menjadi satu-satunya wakil dari Kalimantan Timur yang lolos. Ini sebuah sejarah baru, sebelumnya belum ada murid SD yang mewakili Kaltim, ” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Awan — sapaan akrab Fera Setyawan, Noriko bersama 11 murid lainnya sedang menjalani pembinaan tahap satu di Jakarta sebagai persiapan untuk berkompetisi pada BIMC yang dijadwalkan akan berlangsung 30 Juni hingga 7 Juli di Burgas,  Bulgaria.

“Pembinaan tahap satu akan berlangsung hingga 20 Juni nanti. Mereka benar-benar dipersiapkan dengan matang untuk membanggakan sekolah dan Indonesia, tentunya di mata dunia,” ujarnya.

Menurut Awan,  terpilihnya Noriko menjadi salah satu wakil Indonesia menunjukkan kualitas pelajar Kota Balikpapan  tidak kalah dengan pelajar dari daerah lain yang ada di Indonesia.

“Ini menunjukkan kalau pelajar kita tidak kalah dengan daerah lain. Kita selalu siap bersaing untuk nama baik sekolah dan daerah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Noriko di bidang matematika memang sangat menonjol. Di sekolah, pelajaran matematika Noriko selalu mendapatkan nilai bagus. Melihat bakat keduanya tersebut, guru-guru pun memberikan peluang kepadanya untuk tampil mengikuti beberapa perlombaan.

Hasilnya, ia memang membuktikan kemampuannya dengan baik di bidang tersebut.

“Kalau pelajaran Matematika, anak ini memang selalu menonjol. Dia juga sudah seringkali meraih mendali, bahkan hampir semua mendali yang ia peroleh itu dari luar negeri,  seperti  medali emas di ajang Singapore International Mathematics Olympiad Challenge (SIMOC), Australian Mathematics Olympiad (AMO), medali emas World Mathematics Invitational (WMI) Finals di  Kuala Lumpur, medali emas kompetisi Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) di Hongkong, dan medali perak Indonesia Science and Mathematics Olympiad Challenge (ISMOC) di Tangerang,” jelasnya.

Awan juga berharap semoga dengan prestasi anak didiknya itu bisa memotivasi murid lainnya untuk meraih prestasi, baik di tingkat Kota, Provinsi, Nasional hingga Internasional.

“Semoga bisa memotivasi anak-anak lain. Semua bisa berprestasi, kuncinya ada kemauan untuk belajar,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Title