background img

MENHUB TINJAU SEMAYANG

1 week ago written by
PicsArt_06-19-10.09.22

Balikpapan – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Sabtu (17/6). Pengganti Ignasius Jonan itu meninjau kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan penumpang berkaitan arus mudik Lebaran.

Didampingi Walikota Rizal Effendi, Kepala Dishub Provinsi Kaltim Salman Lumoindong, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena, Dirut PT Pelni Elvin Guntoro, General Manager PT Pelindo IV Cabang Balikpapan Baharuddin, Menteri Budi Karya juga melakukan peninjauan KM Lababor yang sedang bersandar di pelabuhan tersebut. Rencananya, kapal penumpang ini akan berlayar ke Surabaya.

Menurut Menhub, kunjungan ini untuk memastikan situasi arus mudik di beberapa kota yang diidentifikasi menjadi salah satu pusat arus mudik berjalan lancar. “Kami tinjau. Karena kami juga mengidentifikasi banyaknya penumpang dari Kalimantan, bahkan dari Jayapura menuju Makassar maupun pulau Jawa. Tadi saya lihat banyak sekali penumpangnya. Saya terima kasih kepada PT Pelni,” katanya.

Secara keseluruhan, fasilitas dan pelayanan di pelabuhan tersebut dinilai sudah baik oleh menteri yang diangkat pada tahun 2016 itu. Namun demikian, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi, sehingga fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat menjadi maksimal.

“Ada beberapa hal yang kami minta untuk ditingkatkan, seperti tenda tempat penampungan calon penumpang yang berada di halaman pelabuhan. Sebisa mungkin tendanya itu dibesarkan lagi. Tadi saya bertemu dengan Pak Walikota, dan beliau sudah menyetujui,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, penumpang yang menunggu keberangkatan itu bukan satu hari saja, bisa dua malam atau tiga malam. “Penumpang di kapal juga harus dipikirkan dan diperhatikan, terutama mereka yang tidur di lantai,” pungkasnya.

Budi Karya menyempatkan diri menyapa para penumpang di tenda penampungan yang berada di halaman pelabuhan tersebut, dan para penumpang yang berada di dalam kapal KM Labobar.

Usai melakukan kunjungan tersebut, Budi Karya langsung bertolak ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menggunakan mobil Toyota Vellfire berwarna putih, dengan nomor polisi RI 36, sekitar pukul 12.30 Wita, untuk kembali ke Jakarta. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title