background img

MELANJUTKAN KARIR, PUTRI PILIH HOMESCHOOLING

4 months ago written by
PicsArt_08-09-04.30.43

Balikpapan – Menyabet juara dua dalam Dangdut Academy (DA) 4 Indosiar ternyata membuat Putri Isnari harus mengorbankan banyak hal, salah satunya adalah tentang pendidikannya. Bukan hal mudah bagi siswi kelas VIII SMP Negeri 4 Balikpapan ini dalam mengejar ketertinggalan pelajaran karena harus mengikuti karantina sejak Januari lalu. Dia bahkan harus rela melaksanakan ujian susulan di saat teman-teman satu angkatannya sudah menikmati liburan akhir semester.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Kepala Urusan Kesiswaan SMPN 4 Balikpapan Nur Isniyati mengatakan, sangat memaklumi keadaan anak didiknya tersebut, apalagi sudah mengharumkan nama sekolahnya, terlebih nama Balikpapan ke kancah nasional atas prestasinya dalam ajang DA4 Indosiar. “Putri memang sudah lama ijin tidak bisa mengikuti pelajaran sejak dirinya masuk karantina DA 4. Ya kami memaklumi itu. Jadi ujiannya pun juga susulan. Nggak apa-apa yang penting Putri tidak meninggalkan pendidikannya. Dan dari hasil ujiannya tersebut alhamdulillah Putri dinyatakan lulus dengan nilai cukup baik,” ujarnya saat diwawancarai KPFM di SMPN 4 Balikpapan.

Untuk kelanjutan pendidikan Putri, Isniyati menyerahkan sepenuhnya kepada pihak orang tuanya, apakah akan homeschooling atau mengikuti kejar paket yang dikelola oleh yayasan. “Kalau dari saya sendiri, pendidikan tidak harus ditempuh dengan jalur formal seperti sekolah yang mana siswa harus mengikuti jadwal sekolah dari pagi sampai siang dan hampir setiap hari. Kalau melihat keadaan Putri itu sangat tidak mungkin. Jadi lebih baik menempuh jalur pendidikan informal, itu tidak masalah asalkan dia tidak meninggalkan pendidikannya,” imbuh Isniyati.

Melihat pengalaman artis-artis yang lain, menurut Isniyati sebaiknya Putri mengambil jalur homeschooling yang waktunya bersifat fleksibel dan bisa menyesuaikan jadwal kegiatan karirnya. Jadi, antara karir dan akademik bisa berjalan beriringan.

Terpisah, ibunda Putri Norma mengatakan bahwa anak kedelapannya itu akan melanjutkan sekolah di Jakarta mengingat jadwalnya yang semakin padat. Tetapi jalur yang ditempuh bukan lagi sekolah formal seperti saat di Balikpapan, tetapi Putri akan menempuh jalur homeschooling. Dan dirinya sudah mendaftarkan Putri ke Homeschooling Kak Seto. Untuk jadwalnya sendiri Norma belum tahu pasti kapan akan dimulai. Kemungkinan paling cepat homeschooling akan dilakukan bulan September mendatang.

“Yang jelas pendidikannya nggak boleh berhenti. Insya Allah akan jalan terus sampai selesai. Berhubung saat ini Putri naik ke kelas IX, untuk Ujian Akhir Nasional akan diserahkan ke yayasan bagaimana baiknya. Saya akan terus dukung Putri selama yang dilakukannya itu kegiatan positif,” imbuhnya. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title