background img

MANGGAR SISAKAN SAMPAH WISATA

2 bulan ago written by
MANGGAR SISAKAN SAMPAH WISATA (3)

Salah satu tumpukan sampah di pantai Manggar Segarasari Balikpapan yang dijepret KPFM, Senin pagi (10/6). Sampah sisa wisatawan ini sudah ditangani petugas kebersihan.

KPFM BALIKPAPAN – Pantai Wisata Manggar Segarasari di Balikpapan Timur, masih menjadi primadona wisatawan lokal untuk mengisi liburan selama Lebaran Idul Fitri 2019. Ribuan pengunjung bukan saja dari Kota Minyak, tapi juga dari beberapa daerah Kaltim, seperti Samarinda, Tenggarong, Bontang, Tanah Grogot dan Penajam Paser Utara.

Namun, dari pemantauan KPFM di lapangan, masih banyak wisatawan yang kurang menyadari akan kebersihan lingkungan. Tumpukan sampah sisa wisatawan masih terlihat di beberapa titik. Pariwisata pantai seluas 12 hektare tersebut juga minim tempat penampungan sampah.

“Seharusnya di saat liburan besar seperti Lebaran, jumlah tempat sampah diperbanyak,” saran Syamsudin (43), pengunjung asal Bontang yang ditemui KPFM di pantai Manggar, Senin pagi (10/6).

Sekalipun tumpukan sampah tampak di sejumlah titik, petugas kebersihan di pantai tersebut sigap membersihkan, dengan bantuan unit mobil pengangkut sampah. Selama liburan Lebaran ini sampah di wadah rekreasi ini disebut mencapai 30 ton.

Prasarana pariwisata di ujung timur Balikpapan ini juga terus dibenahi. Termasuk pengadaan fasilitas umum, seperti toilet. Jalan tembus sepanjang 700 meter yang dibangun dengan biaya Rp 12 miliar juga sudah dapat dipergunakan pengunjung. Manggar lebih tampak rapi.

Peningkatan kualitas prasarana di pantai ini diharapkan untuk menarik minat wisatawan, yang kelak akan mendatangkan pemasukan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Seperti diketahui, target PAD Balikpapan dari sektor pariwisata, khususnya Manggar Segarasari tahun 2019 ini sebesar Rp 4,2 miliar. Capaian tersebut hingga Mei 2019 baru terbukukan Rp 1,1 miliar.

Bila dibandingkan masa liburan Lebaran tahun 2018 lalu, pendapatan Pantai Manggar pada musim liburan Idul Fitri ini menurun. Retribusi dari tiket 34 ribu pengunjung baru tercatat sekira Rp 370 juta. Padahal tahun lalu mencapai Rp 549 juta. (*) KPFM

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *