background img

MABES POLRI JUGA PINDAH KE KALTIM

2 bulan ago written by
WhatsApp Image 2019-09-03 at 11.55.11 PM

KPFM BALIKPAPAN – Cepat atau lambat pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan terjadi. Artinya, pusat pemerintahan tidak lama lagi akan dipusatkan di ibukota baru. Termasuk, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri).
Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana. Menurutnya, dari hasil pemaparan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas), lokasi Mabes Polri direncanakan akan dibangun di kawasan berdirinya pemerintahan pusat.
“Kalau dilihat hasil pemaparan Kepala Bappenas, Bambang Brojonegoro, di situ ada lahannya untuk Polri. Termasuk yang di Kukar dan PPU itu,” kata Ade Yaya saat dikonfirmasi lewat sambungan telefon, Selasa (3/9).
Namun demikian, Ade belum mengetahui secara pasti mengenai rencana pemindahan Mabes Polri tersebut ke Provinsi Kaltim. Sebab, sampai saat ini, Polda Kaltim belum mendapat kabar secara resmi. “Belum ada kabarnya, jadi tunggu saja,” ujarnya.
Ade menjelaskan, persoalan pemindahan Mabes Polri merupakan kewenangan kepolisian pusat, artinya bukan di Polda Kaltim. Dalam hal ini, instansi kepolisian daerah hanya menunggu instruksi dari pusat. Apapun yang menjadi instruksi Polri, Polda Kaltim siap melaksanakan.
“Itu nanti prosesnya ada di Mabes Polri. Intinya, kalau Polda Kaltim kan menunggu dari pusat saja, dan sekarangkan kami masih sebatas pengamanan saja,” ungkapnya.
Ade menambahkan, kehadiran Mabes Polri di Kaltim nantinya akan memudahkan kinerja Polda Kaltim. Sebab, jika Mabes Polri telah berdiri di Bumi Etam, maka pengiriman bantuan pasukan akan lebih cepat lagi.
“Jadi kami ada yang namanya bantuan kekuatan. Kalau tidak mampu ada backup kekuatan. Ada di wilayah ini kekurangan kekuatan, maka akan ditambah kekuatan, itu ada lavel-lavel-nya. Jadi kalau mabes di sini akan lebih cepat lagi,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *