background img

LAYANAN BPJS BERKURANG, RIZAL AKAN LAPOR JOKOWI

1 week ago written by
LAYANAN BPJS BERKURANG, RIZAL AKAN LAPOR JOKOWI (3)

KPFM BALIKPAPAN – Isu pemutusan kontrak kerjasama antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) dengan Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) direspon cepat oleh Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan itu mengaku sangat menyayangkan jika hal ini benar-benar terjadi. Sebabnya, pemutusan yang dilakukan BPJS tanpa ada peringatan atau sosialisai terlebih dahulu ke RSKD.

“Seharusnya BPJS Kesehatan melihat situasi sebelum melakukan pemutusan. Apalagi BPJS Kesehatan juga berhutang dengan RSKD sebesar 80 miliar rupiah,” kata Rizal, saat diwawancarai awak media, Jumat (10/5).

Ketua DPD Nasdem Balikpapan itu menyebut jika keputusan BPJS kesehatan akan berdampak besar terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Balikpapan. Ditambah RSKD juga merupakan rumah sakit pemerintah Provinsi yang memberikan rujukan kepada masyarakat Penajam Pasir Utara dan masyarakat Paser.

“Ini berdampak besar terhadap pelayanan kesehatan di Balikpapan khususnya. Sebenarnya ini masalahnya akreditasi. Tapi RSKD menunda akreditasi¬† ulang dikarenakan saat ini menyiapkan status akreditasi Internasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rizal menyebut jika akan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan terkait pemutusan kontrak BPJS Kesehatan dengan RSKD mulai 11 Mei 2019. Mengingat, keputusan itu sangat merugikan masyarakat secara luas.

“Lembaga boleh diberikan hukuman tegas, namun jangan masyarakat yang ikut dihukum juga. Karena, mereka membayar BPJS Kesehatan dan wajar meminta pelayanan yang terbaik dari BPJS Kesehatan,” ucapnya.

Akibat pemutusan kontrak mulai 11 Mei 2019 itu, RSKD melakukan pembatasan jenis layanan pada beberapa pasien tertentu, seperti katarak, ambeyen, tumor, dan batu saluran kencing. Namun tidak membatasi untuk kasus-kasus kegawatan yang masuk UGD dan emergensi. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *