background img

LAPOR MONEY POLITIC DAPAT UANG

2 minggu ago written by
LAPOR MONEY POLITIC DAPAT UANG

KPFM BALIKPAPAN – Jika mengetahui adanya tindakan money politic atau politik uang, laporkan ke Bawaslu Balikpapan.

Masyarakat yang melaporkan, akan diberi penghargaan alias reward dari Badan Pengawas Pemilihan Umum itu. Yakni dua kali lipat dari jumlah sesuatu yang diterima dari tindakan politik uang yang dilaporkan.

“Bawaslu Balikpapan memberikan reward, kepada masyarakat yang mau melaporkan,” kata Ketua Bawaslu Balikpapan Agustan melalui Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Balikpapan Wamustofa Hamzah di kantornya, belum lama ini.

Koordinator divisi yang akrab disapa Topan itu menjelaskan, jika ada warga yang diberi uang untuk disuruh memilih calon legislatif, calon presiden maupun partai peserta pemilu pada Pemilu 2019, kemudian melaporkan tindakan tersebut ke Bawaslu, maka pihaknya akan memberikan uang dua kali lipat dari yang diterima.

“Misalnya jika mereka menerima uang Rp500 ribu, kemudian dilaporkan dan uangnya diserahkan ke kami sebagai barang bukti, maka kami akan memberi Rp1 juta kepada yang bersangkutan. Begitu juga jika menerima beras 5 kilogram, laporkan ke kami. Dan kami akan ganti dengan beras 10 kilogram,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam hal mengungkap tindakan money politic alias politik uang yang terjadi di setiap perhelatan pesta demokrasi.

“Bagi peserta pemilu, kalau ketahuan dan terbukti melakukan money politic, akan dicoret dari kepesertaan dan kena sanksi pidana. Ancaman 2 tahun penjara dan denda maksimal Rp24 juta,” bebernya.

Pemilu yang semakin dekat, pengawasan di lapangan oleh seluruh jajaran Bawaslu Balikpapan ditingkatkan. Turun ke masyarakat untuk mendapatkan informasi.

“Yang utama adalah meyakinkan masyarakat untuk mau malaporkan tindakan money politic, dan menjadi saksi. Kita juga mengerahkan seluruh pengawas, memaksimalkan pengawasan,” pungkasnya. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *