background img

LANDASAN PACU SAMS SEPINGGAN DIPERPANJANG

1 bulan ago written by
LANDASAN PACU SAMS SEPINGGAN DIPERPANJANG (3)

LANDASAN PACU SAMS SEPINGGAN DIPERPANJANG

KPFM BALIKPAPAN – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menyiapkan diri menyambut Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Salah satunya dengan melakukan penambahan panjang landasan pacu pesawat agar mampu melayani pesawat berbadan besar seperti Boeing 747-400.

General Manager PT Angkasa Pura I Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha, menyampaiakan itu saat diwawancarai KPFM, Rabu (11/9). Saat ini, kata Farid, panjang landasan pacu yang dimiliki oleh Bandara SAMS baru mencapai 2.500 meter.

“Kalau saat ini belum memenuhi syarat, karena panjangnya baru 2.500 meter. Makanya ke depan landasan pacu di Bandara SAMS Sepinggan ini diperpanjang hingga mencapai 3.250 meter,” kata Farid.

Rencana perpanjangan landasan pacu ini, lanjut Farid, masih dalam proses pembahasan. Untuk merealisasikannya tentu membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Terutama untuk rencana pembebasan lahan milik masyarakat dan reklamasi pantai.

“Biayanya cukup mahal, karena kami ini BUMN, maka pembiayaan tidak mungkin menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujarnya.

Selain itu, kapasitas terminal penumpang di Bandara SAMS Sepinggan juga akan ditingkatkan. Di mana, saat ini hanya mampu menampung sekitar 10 juta penumpang dengan luas terminal 110 ribu meter persegi. Kondisi ini dinilai tidak mampu untuk mendukung rencana pemindahan ibu kota negara.

“Rencananya akan menggunakan terminal lama untuk dikembangkan sebagai terminal baru guna melayani penumpang. Namun untuk desain masih dalam proses pembahasan. Jadi kalau nanti 2025 sudah tercapai 20 juta penumpang, pasti dikembangkan untuk menampung 30 juta penumpang,” tandasnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *