background img

LAGI, SATPOL PP CEGAT PENDATANG

1 week ago written by
PicsArt_07-17-06.48.55

Balikpapan – Satpol PP Kota Balikpapan kembali melakukan razia yustisi administrasi kependudukan kepada penumpang kapal tujuan Balikpapan di Pelabuhan Semayang, Senin (17/7).

Puluhan identitas kependudukan dan beberapa warga penumpang kapal KM Bukit Siguntang dari Maumere, Makassar serta Pare-Pare yang bersandar sekitar pukul 15.30 Wita di pelabuhan tersebut diamankan. Razia digelar selama kurang lebih 1 jam itu.

“Kami amankan sekitar 56 KTP luar Balikpapan milik penumpang kapal tujuan Balikpapan. Alasannya mereka ke sini untuk mengunjungi keluarga. Mereka itu rata-rata tidak bekerja. Kami minta harus ada penjamin di sini, tapi untuk sementara penjamin mereka tidak ada. Oleh karena itu kami tahan identitasnya, sampai ada penjaminnya. Kalau sudah ada penjaminnya, maka bisa diambil ke kantor. Kalau tidak ada, ya kami proses,” papar Kabid Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketenteraman Masyarakat (Tranmas) Satpol PP Balikpapan Subardiyono kepada KPFM.

Nantinya, jika tak memiliki penjamin serta tujuan yang jelas, para penumpang yang diamankan kartu identitasnya itu akan diikutkan sidang tipiring, 20 Juli 2017 mendatang.

Mayoritas pendatang tujuan Kota Balikpapan tersebut berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain kartu identitas, pihak Satpol PP juga mengamankan 9 penumpang asal Maumere yang tak memiliki tujuan jelas.

“Ditanya tujuannya mau kemana, mereka jawab tidak tau. Mereka hanya membawa berkas kartu keluarga. Jadi kita amankan ke kantor, agar mereka di sini tidak terkatung-katung. Nanti di kantor kita minta keterangan mereka lagi,” jelas Subardiyono.

Ini kali kedua Satpol PP Kota Balikpapan melakukan razia yustisi kependudukan kepada para penumpang kapal yang bersandar di Pelabuhan Semayang, sejak Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah lalu. Razia tersebut digelar untuk meminimalisir jumlah penduduk yang tak memiliki tujuan jelas datang ke Kota Balikpapan. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title