background img

KPU LUNCURKAN RUMAH PINTAR PEMILU

6 months ago written by
18 MEI 2017 - 1

Balikpapan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan secara resmi muluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID). Acara peluncuran dua bangunan tersebut di depan kantor KPU Balikpapan, jalan Jenderal Sudirman, Kamis (18/5).

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha berharap, dengan adanya RPP dan PPID tersebut, partisipasi pemilih pada Pemilu (Pemilihan Umum) dapat meningkat dan beriringan dengan keterbukaan informasi seputaran Pemilu. “Di dalam RPP itu kita punya benda-benda sejarah seperti surat suara yang sudah lama, buku-buku. Ada juga ruang diskusi dan anjungan informasi seputaran Pemilu. Kami berharap ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu. RPP ini kami beri nama RPP Semayang. Selain itu, KPU ini juga kan dituntut untuk transparan. Jadi segala hal menyangkut Pemilu seperti jumlah penggunaan surat suara, jumlah pemilih dan jumlah yang golput bisa diakses di PPIP ini,” ujar Noor Thoha kepada KPFM, usai peluncuran tersebut.

RPP dan PPIP tersebut dapat dikunjungi setiap hari dan jam kerja. “Ini dapat dikunjungi oleh siapa saja, asalkan pada jam dan waktu kerja. Saya malah senang sekali kalau banyak yang mengunjungi RPP ini,” imbuhnya. RPP tersebut, lanjutnya, dibangun dengan total anggaran sebesar Rp195 juta. “RPP ini programnya KPU RI. Saat ini sudah ada 279 RPP yang tersebar di Indonesia. Ini dananya dari KPU RI sebesar Rp65 juta, dan dari Pemkot Balikpapan sebesar Rp160 juta,” jelasnya.

Acara peluncuran itu dihadiri oleh Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud, DPRD Balikpapan yang diwakili Abdul Jabbar, Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta, Dandim 0905 Balikpapan Letnan Kolonel Infanteri Hendri Wijaya, pengurus beberapa Parpol (Partai Politik) di Kota Balikpapan, mahasiswa dan siswa-siswi di Kota Balikpapan. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title