background img

KPU BUKA PELUANG JADI PANITIA PILGUB

6 days ago written by
downloadfile

BALIKPAPAN – Tahapan menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018 terus berjalan. Awal November nanti seluruh pelaksana pemilihan umum di tingkat kecamatan dan kelurahan, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah terbentuk.

Mengacu pada hal itu, seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di skala kota dan kabupaten mulai melakukan persiapan pembentukan panitia tersebut.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha mengatakan, pihaknya mulai membentuk panitia tingkat kecamatan dan kelurahan tersebut pada tanggal 12 Oktober 2017 nanti dengan melalui berbagai tahapan.

“Kami akan mulai pembentukan panitia Ad Hoc pada hari Kamis (12/10). Kami mulai buka pendaftaran bagi mereka yang ingin menjadi PPK dan PPS. PKK dan PPS itu kan panitia Ad Hoc. Untuk PPK nanti jumlahnya 5 orang per kecamatan, sementara PPS 3 orang per kelurahan. Syarat minimal umur 17 tahun dan bukan anggota parpol (partai politik) karena dia harus netral. Bagi PPK, yang mendaftar harus berdomisili di kecamatan bersangkutan dan PPS harus berdomisili di kelurahan bersangkutan,” jelas Noor Toha saat ditemui KPFM di ruangannya, Selasa sore (10/10).

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar menjadi PPK dan PPS, bisa mendatangi kantor KPU Kota Balikpapan yang di jalan Jenderal Sudirman. “Untuk PPS, bisa juga mendatangi kantor kelurahan yang bersangkutan untuk mengambil formulir pendaftaran,” tambah Noor Toha.

Sementara terkait anggaran pelaksanaan tahapan Pilgub, KPU Balikpapan baru mendapatkan Rp500 juta.

“Kami sudah mengajukan dana yang dibutuhkan. Kemudian ada perubahan besaran di provinsi. Jadi kami juga harus ikut merubah dan teman-teman di kabupaten/kota masih ada yang belum selesai merevisi rencana kebutuhan belanjanya. Akhirnya dari KPU provinsi ambil kebijakan untuk memberikan dana sebagai dana talangan. Dan setiap daerah beda-beda dana talangannya, untuk Balikpapan dapat Rp500 juta,” pungkas Noor Toha. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title