background img

KONSUMSI TURUN, STOK AVTUR AMAN

3 bulan ago written by
KONSUMSI TURUN, STOK AVTUR AMAN (3)

Foto: Terminal BBM Pertamina di Balikpapan

KPFM BALIKPAPAN – Stok bahan bakar pesawat terbang avtur di wilayah Kalimantan aman. Ini dikatakan General Manager Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) VI Boy Frans saat memaparkan kesiapan pihaknya dalam mengawal distribusi BBM dan LPG lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Gedung Serbaguna Terminal BBM Balikpapan, Senin (27/5).

“Stok avtur sangat aman. Karena pada dasarnya kebutuhan rata-rata saat ini sedang menurun sekitar 20 persen. Sehingga kalau terjadi kenaikan pasti sangat mudah kami antisipasi,” katanya.

Stok bahan bakar avtur untuk wilayah Kalimantan, lanjut Boy, bisa bertahan hingga kurang lebih satu tahun. “Stok kami sangat kuat, lebih dari 400 hari. Dan itu sangat kuat untuk bahan bakar avtur. Jadi jangan khawatir, semua pasti terjamin,” lanjutnya.

Untuk diketahui, konsumsi normal bulanan bahan bakar avtur di Kalimantan sebesar 16.560 KL (kilo liter) per bulan. Diprediksi, peningkatan konsumsi avtur tertinggi akan terjadi 5 hari sebelum Lebaran Idul Fitri.

Penyebab terjadinya penurunan konsumsi, Pertamina MOR VI menilai karena adanya pengurangan frekuensi penerbangan.

“Di wilayah Kalimantan itu bervariasi penyebabnya. Kalau Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan itu turunnya 40 persen. Dikarenakan dibukanya Bandara APT Pranoto Samarinda. Kemudian ada penurunan jumlah penerbangan ke bandara Sepinggan. Wilayah Banjarmasin juga menurun. Kalau secara umum kami lihat karena penurunan frekuensi penerbangan,” jelasnya.

Sementara untuk di Kaltim, konsumsi avtur selama bulan Ramadan hingga jelang Lebaran ini cenderung turun. Sebesar 13,6 persen dari konsumsi normal bulanan. Yaitu dari 9.720 KL/bulan menjadi 8.400 KL/bulan.  (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *