background img

KK JESSICA : BINCANG PAJAK (Upaya Hukum Di Bidang Perpajakan)

4 months ago written by
19 mei 2017 - BINCANG PAJAK

Narasumber :

Nur Fathoni (kiri) – Kepala Seksi Evaluasi Keberatan, Banding 7 pengurangan Kanwil DJP Kaltim Kaltara

Yudhi Haryanto – Bidang Penelaah Keberatan Kanwil DJP Kaltim Kaltara

Time                 :       kamis, 18 Mei 2017 jam 11.00 – 12.00

Sistem perpajakan di Indonesia menganut prinsip self-assessment dimana pemerintah (DJP) memberikan kepercayaan kepada masyarakat (Wajib Pajak) untuk menghitung, membayar, dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang seharusnya terutang berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan. Pemerintah (DJP) hanya bertugas mengawasi pelaksanaannya saja, antara lain melalui pengawasan kepatuhan Wajib Pajak terhadap peraturan perundang-undangan perpajakan oleh Account Representative (AR) maupun pemeriksaan oleh Pemeriksa Pajak.

Beberapa kasus yang sering terjadi adalah penerima surat tagihan pajak (STP) terjadi karena jatuh tempo pembayaran atau pelaporan terjadi pada hari libur atau hari minggu. Wajib Pajak (WP) bisa mengajukan surat keberatan yang dikirimkan ke Kantor Pajak terdaftar, dan akan diproses ke Kanwil maksimal 6 bulan dari surat masuk. WP sebaiknya mengupdate alamat apabila terjadi perubahan alamat, karena beberapa kasus yang terjadi Surat Keputusan tidak diterima WP karena terjasi perubahan alamat.

Pihak DJP Kaltim Kaltara menghimbau, agar pembayaran dan pelaporan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, untuk menghindari padatnya antrian dan gangguan system. Informasi lebih banyak bisa di akses melalui Kring Pajak 1500 200. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title