background img

KILANG BALIKPAPAN BEROPERASI PENUH

2 weeks ago written by
18 APRIL 2017 - 1 KILANG

Balikpapan – Setelah menjalani masa turn around selama 40 hari, kini kilang Pertamina Refinery Unit V Kalimantan sudah mulai beroperasi penuh. Sejak 6 Maret 2017 lalu, pengilangan minyak Balikpapan ini menjalani masa perawatan 24 jam dengan melibatkan sekitar 3 ribu lebih pekerja.

“Turn around telah selesai dilakukan sesuai jadwal yakni 40 hari kelender sejak 6 Maret hingga 16 April 2017. Sehingga kini Kilang Balikpapan II sudah mulai beroperasi penuh,” ujar GM Pertamina RU V Yulian Dekri kepada media, Senin (17/4).

Dekri mengatakan, turn around merupakan perawatan berkala kilang secara menyeluruh yang dilakukan setiap tiga sampai empat tahun untuk menjaga performa produksi. “Kilang di sini ada dua, yakni Kilang Balikpapan I dan Kilang Balikpapan II. Yang kita lakukan perawatan ada di Kilang Balikpapan II berkapasitas 200 ribu barel. Insya Allah tahun depan dilakukan lagi turn around untuk Kilang Balikpapan I yang berkapasitas 60 ribu barel per hari,” ungkapnya.

Menurut Dekri, ada beberapa paramater untuk menyatakan bahwa perawatan yang dilakukan sukses atau berhasil dan dinyatakan turn around execellent. “Parameter turn around execellent di antaranya tidak adanya kecelakaan kerja yang merenggut korban jiwa, tidak ada kebakaran besar, tidak ada pencemaran lingkungan. Kemudian, turn around execellent juga harus memiliki kualitas yang baik, tepat waktu dan sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Kriteria itulah, lanjut Dekri, yang menentukan kesuksesan pelaksanaan tersebut. Sehingga ketika parameter itu sudah dipenuhi, maka dilakukan perencanaan dengan kapasitas tinggi untuk mengetahui performa kualitas produksi. “Tentu harus dilakukan perawatan terhadap mesin yang beroperasi 24 jam terus menerus selama beberapa tahun, agar kinerjanya kembali kepada kondisi semula. Nanti akan dilakukan tes untuk mengetahui performa pasca turn around,” tukasnya.

Diketahui, Kilang Balikpapan memproduksi berbagai jenis bahan bakar seperti Premium, Pertamax, Solar, LPG, Avtur, Pertamina Dex dan berbagai produk lainnya. Bahkan Kilang Balikpapan menyuplai 26 persen BBM di Indonesia dan merupakan kilang terbesar kedua setelah Kilang Cilacap. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title