background img

KELAS INKLUSI DI SETIAP KECAMATAN

4 hari ago written by
KELAS INKLUSI DI SETIAP KECAMATAN (3)

KPFM BALIKPAPAN – Tiap anak berhak mendapatkan pendidikan. Tak terkecuali anak-anak berkebutuhan khusus. Sayangnya, fasilitas pendidikan untuk mereka masih sangat terbatas. Baru ada beberapa sekolah di Balikpapan yang menyediakan kelas inklusi.

Terkait hal ini, tahun depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan menargetkan satu sekolah di setiap kecamatan menyediakan kelas inklusi. Sekolah ini menggabungkan layanan pendidikan khusus dengan pendidikan reguler dalam satu sistem.

“Tahun 2020 kelas inklusi di setiap kecamatan dipastikan sudah berjalan. Karena Bimbingan Teknik (Bimtek) untuk guru-guru inklusi akan dilakukan tahun 2019 ini,” kata Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin, baru-baru ini.

Sejatinya rencana Pemkot untuk menyiapkan kelas inklusi di setiap kecamatan harus terealisasi tahun 2019 ini. Namun rencana tersebut belum dapat dijalankan karena harus mempersiapkan tenaga pengajarnya terlebih dahulu. “Harus ada pembekalan teknis dulu. Makanya tahun ini belum bisa,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Muhaimin, sekolah yang membuka kelas inklusi masih minim. Bahkan masih berada pada satu sekolah di setiap tingkatannya, seperti di tingkat SD di SDN 008 Balikpapan Kota, SMP di SMPN 5 Balikpapan dan di tingkat SMA berada di SMAN 4 Balikpapan.

“Mudahan tahun depan sudah ada di setiap Kecamatan. Dengan begitu anak-anak berkebutuhan kusus yang IQ nya di atas 80 masuk di sekolah umum. Tapi kalau di bawah 80 dia tidak boleh masuk sekolah umum, dia harus ke SLB,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in D:\_htdoc\kapefm.com\wp-includes\class-wp-comment-query.php on line 405

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *