background img

KEBAKARAN KLANDASAN TERBESAR DAN TERLAMA

4 months ago written by
IMG-20180106-WA0001

Balikpapan – Kebakaran yang terjadi di kawasan jalan Wiluyo Puspoyudo, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Jumat (5/1) dinihari, merupakan peristiwa kebakaran yang terbesar dan terlama selama kurun waktu dua tahun terakhir, yaitu 2016 dan 2017. Hal ini disebutkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno kepada KPFM.

Jumlah rumah yang hangus karena keganasan si jago merah kali ini sebanyak 114 unit, yang dihuni 121 Kepala Keluarga (KK). Selain itu, kebakaran ini berlangsung selama 4 jam lebih, mulai sekira pukul 00.15 Wita hingga pukul 04.00 Wita. “Ini yang terbesar dan terlama selama dua tahun terakhir,” kata Suseno.

Ada beberapa alasan yang membuat api menghanguskan banyak rumah dan baru bisa dikendalikan BPBD setelah 4 jam lamanya. “Saat melakukan pemadaman kami menghadapi beberapa kendala di lapangan. Pertama, akses menuju lokasi kebakaran susah untuk ditembus mobil pemadam kebakaran kami. Karena berada di dalam gang yang sempit. Jadi mobil tidak leluasa. Kedua, parkiran sepeda motor dan mobil masyarakat yang ingin melihat kejadian tersebut. Beberapa di antara mereka memarkirkan kendaraannya sembarangan, sehingga menutup akses jalan ke lokasi kebakaran. Itu yang menghambat kami di lapangan,” jelasnya.

Selain kendala, Suseno juga mengungkapkan faktor pendukung yang membuat kobaran api cepat membesar dan semakin memperluas wilayah kebakaran. “Kendala lainnya adalah tiupan angin yang kencang, didukung dengan mayoritas rumah di kawasan itu terbuat dari kayu. Sehingga api cepat membesar dan menyebar,” imbuh Suseno.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran tersebut menghanguskan ratusan rumah yang tersebar di wilayah RT 11, RT 12, RT 13, RT 22 dan RT 23 Kelurahan Klandasan Ulu. Musibah itu menelan korban jiwa, seorang ibu bernama Sri Aminah dan dua putranya bernama Daffa dan Fauzan tewas mengenaskan. (ARIYANSYAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title