background img

KALTIM PERINGKAT TIGA DIABETES

2 months ago written by
IMG-20170911-WA0004-01

Balikpapan – Kalimantan Timur menduduki peringkat ketiga se-Indonesia untuk perempuan usia di atas 18 tahun penderita Diabetes Melitus (DM). Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang mendorong obesitas, dan kurangnya beraktivitas seperti berolahraga.

Dr Restu Ratnaningsih Sp PD membenarkan, Diabetes Melitus ini berawal dari kegemukan. “DM merupakan induk dari berbagai macam penyakit. Selama ini, masyarakat mengenal Diabetes tipe satu dan tipe dua,” katanya saat bincang pada program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Senin (11/9).

Dijelaskannya, tipe 1 biasanya ditandai dengan adanya gangguan produksi yang bisa terdeteksi sejak usia dini. Sedangkan untuk Diabetes tipe 2 adalah adanya gangguan fungsi yang diakibatkan pola hidup tidak sehat, dan organ tubuh bekerja tidak normal.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Balikpapan Rosselly Ernawati Yuki Sianturi menambahkan, untuk screening awal penyakit DM ini, peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) bisa mendownload aplikasi BPJS Mobile dan mengisi kuisioner.

“Nantinya akan terlihat apakah kita termasuk orang yang berisiko tinggi, sedang atau rendah terhadap penyakit Diabetes. Ditandai sering buang air kecil pada malam hari dan sering merasa haus,” ujar Restu.

Menurutnya, DM itu bersifat subjektif sehingga setiap individu disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin, karena gejala setiap individu akan berbeda. “Kita mulai dari mengatur pola makan dari sekarang, dari pada nantinya makan kita yang diatur,” imbuhnya.

Restu mengakui senang sekali bila bertemu dengan pasien yang sadar akan kesehatan dan belum terkena DM. Semoga dengan mulai mengubah pola hidup dan pola makan, bisa terhindar dari penyakit DM. “Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya. (JESSICA/KPFM)

Article Categories:
Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title