background img

KALTIM JADI PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL

3 minggu ago written by
KALTIM JADI PUSAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL (3)

Foto : Acara talkshow ibu kota baru di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (1/10) malam.

KPFM BALIKPAPAN – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tampaknnya bukan hanya dijadikan sebagai pusat pemerintahan yang baru, tapi juga sebagai pusat pengembangan teknologi digital.

Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, menyampaikan itu saat talkshow ibu kota baru di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (1/10) malam.

“Keinginan Presiden Jokowi agar di ibu kota baru terdapat pusat pengembangan teknologi digital,” katanya di hadapan Gubernur Kaltim Isran Noor serta pemimpin redaksi media.

Di samping itu, akan dibangun juga universitas berkelas dunia. Difokuskan pada keilmuan seusai perkembangan masa depan, seperti fakultas atau jurusan science,  teknologi dan matematika.

”Tetap ada industri, tapi industri digital bukan manufaktur tapi digital yang basis syarat ilmu pengetahuan,” ujar pria yang akrab disapa Bambroj itu.

Dia berharap, dengan pembangunan universitas kelas dunia dan pusat pengembangan digital tersebut akan menyumbang perekonomian bagi ibu kota baru.

“Termasuk aspek pariwisata di ibu kota baru akan dikembangkan. Mudahan besok kita bisa melihat lebih jelas. Yang pasti kita bisa melihat potensi teluknya yang berdekatan ibu kota. Langsung view laut,” ungkapnya.

Keberadaan kampus dan pusat pengembangan digital ini diyakini IKN bukan sekadar kumpulan kantor-kantor pemerintahan yang setelah selesai jam kerja akan sepi.

“Jadi di lokasi ibu kota yang baru ini bukan hanya sekedar kumpulan kantor pemerintahan semata. Tapi ada aktifitas lainnya,” ucapnya. (FREDY JANU/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *